Rembulan diantara Hae Soo dan Jang Man Wol

"Aku tidak berpikir aku akan bisa memihak di sisi siapapun, aku tidak ingin melihat siapapun terluka, aku akan pastikan tidak ada yang terluka.(Hae Soo, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo)


Saya menulis artikel ini diiringi sountrack drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo yang tayang pada kuartal pertama 2016 lalu. Drama yang sudah saya tonton berulang kali karena mengangkat tema sejarah dengan unsur drama dan fiksi didalamnya tanpa mengubah lini sejarah yang sesungguhnya. Selain itu aktor dan aktris yang bergabung dalam proyek ini adalah mereka yang terbaik, terbukti dengan perjalanan karir mereka hingga hari ini mampu menunjukkan hasil yang maksimal dan banyak prestasi lainnya.

That's why saya suka banget nonton drakor karena selain dapat hiburan banyak pelajaran yang bisa diperoleh, pokoknya riset yang dilakukan oleh tim penulis mantap benar dah.

Beberapa episode awal Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dipastikan saya dan kamu akan pusing karena ada terlalu banyak pangeran keren yang dipanggil dengan nomor urut kelahirannya. Yap.. Mereka adalah Putra Raja Taejo, Raja Pertama Goryeo yang merupakan pendiri dinasti ini. Konon katanya, Taejo memiliki beberapa Permaisuri yang secara tidak langsung menyebabkan terjadi perebutan pada generasi penerusnya. Scarlet Heart Ryeo fokus menceritakan tentang Pangeran ke-4 Wang So (diperankan oleh Lee Joon-Gi Oppa) yang akhirnya akan menjadi raja ke-4 Goryeo, Gwangjong.

Menariknya, drama ini berbeda dengan kebanyakan drama Saeguk lainnya, drama ini memberikan unsur tambahan (malah yang jadi konflik utama diluar konflik sejarahnya yaa) yaitu perjalanan lintas waktu. Diceritakan seorang pegawai toko kosmetik yang sedang patah hati karena dikhianati oleh kekasih dan sahabatnya yang berselingkuh plus ngambil semua uangnya. Saat sedang frustasi Hae Go Ha-Jin datang ke pinggir danau dengan sebotol soju, disana dia bertemu dengan seorang tuna wisma yang meminta untuk berbagi soju. Go Ha-Jin sekilas menceritakan tentang kemalangan yang menimpanya dan memilih untuk meninggalkan dunia tempat dia hidup saat ini. Beberapa waktu kemudian Go Ha-Jin melihat seorang anak tenggelam dan tidak seorangpun yang ada disekitar danau menyadarinya sehingga Ha-Jin berenang dan menolong anak yang tenggelam tersebut. Bertepatan dengan kejadiaan itu terjadi gerhana yang menarik Go Ha-Jin tenggelam di dasar danau. Go Ha-Jin yang tenggelam muncul di pemandian air panas khusus para pangeran dan bertemu dengan pangeran ke-10.

Gerhana inilah yang mengawali pertualangan atau mungkin bisa disebut perjalanan panjang Go Ha-Jin yang hidup menjadi Hae-Soo yang merupakan sepupu dari istri dari Pangeran Ke-8, Wang Wook. Mungkin bagi Go Ha-Jin dia hanya mengalami koma di masa depan tapi Hae Soo melewati banyak hal yang menjadikannya wanita kuat yang (seharusnya) pantas menjadi Permaisuri bagi raja selanjutnya. Tapi raja yang mana ya? Drama ini menceritakan kehidupan 4 raja pertama Goryeo dan saya gak mau spoiler Hae-Soo akan menjadi permaisuri atau tidak. Tapi sekilas Hae Soo terlibat (hampir menjadi Permaisuri) dengan keempat raja tersebut dan menurut saya dia menunjukkan girl power dalam porsi yang pas. Nah. Apa saja yang menjadikan Hae-Soo perempuan yang pantas menjadi seseorang yang diperhitungkan pengaruhnya dalam sejarah Goryeo versi Scarket Heart Ryeo?

1. Cerdas

Hae-Soo adalah seorang pegawai toko kosmetik di masa depan yang terlempar di kehidupan lebih dari 1000 tahun yang lalu. Nah, di era Goryeo dia mampu menciptakan kosmetik dengan menggunakan herbal yang tersedia. Hae Soo suka membuat sabun dengan aroma yang menarik sehingga dia menarik perhatian Tae Joo yang sempat ingin menikahinya. Selain itu Hae Soo membantu Wang So yang menggantikan Putra Mahkota untuk memimpin ritual memohon hujan.  Wang So dengan bekas luka di wajah dilempari oleh rakyat karena menganggapnya tidak pantas memimpin ritual karena dia seperti monster. Dan Hae Soo muncul dengan racikan herbalnya (kalau masa sekarang mungkin disebut BB cream) dan mendadani Wang So hingga bisa tampil di hadapan rakyat Goryeo tanpa bekas lukanya. 

*Spoiler alert: Hujan turun di ritual yang dipimpin oleh Wang So dan saat itulah Hae Soo menyadari bahwa Wang So adalah Gwangjong, raja Goryeo yang terkenal kejam dan bertangan besi

2. Ceria dan Percaya Diri

Dari banyak spoiler diatas menunjukkan Hae Soo adalah gadis yang sangat ceria dan percaya diri. Dia mampu berdiri tegak didepan Wang So yang selama ini dikenal kejam dan seperti monster dengan luka di wajah. Wang So yang selama ini dianggap telah membunuh banyak orang dan Hae Soo dengan percaya diri selalu datang untuk berteman dengan Wang So. Bahkan Hae Soo sangat percaya diri dalam menghadapi Putri Yeon Hwa yang sering merasa iri pada Hae Soo dan pernah memukul Hae Soo. Sesungguhnya saya menyukai banyak scene antara Hae Soo dan pangeran ke-10 yang benar-benar fun. Salah satunya saat mereka berkelahi dan saling menjambak atau mungkin saat mereka sudah berteman dan Hae Soo menyanyikan selamat ulang tahun di perayaan ulang tahun pangeran ke-10.


3. Tulus dan Suka Menolong


Ketulusan Hae Soo membuat Wang So jatuh cinta padanya. Bahkan saat hidup sebagai Go Ha-Jin yang sedang frustasi, dia tetap membantu seorang anak yang hampir tenggelam yang akhirnya membawa Hae Soo ke Goryeo. Hae Soo bahkan membantu menyembunyikan menolong pangeran ke-10 yang saat itu sedang menjadi DPO Wang So karena dianggap penghianat terhadap pemerintahan. 

Sebenarnya poin ini paling gak boleh spoiler tapi selama menonton Scarlet Heart Ryeo saya banyak membaca kisah sejarah Korea terutama era Goryeo, mungkin nilai moral yang ingin disampaikan drama ini adalah seorang yang kejam pasti punya alasan mengapa dia berbuat kejam dan mereka pasti memiliki banyak sisi baik. Wang So yang kelak akan menjadi raja ke-4 Gwangjong dianggap raja yang kejam disini mempunyai masa lalu yang sangat kelam terutama tidak pernah dianggap oleh ibu kandungnya sendiri. Menurut saya Gwangjong hanya ingin ibunya menyayanginya bahkan di salah satu episode dia bilang ke ibunya "Ibu ingin menjadi ibu suri kerajaan ini, bukankah kalau aku menjadi raja aku tetaplah anakmu dan kau akan menjadi ibu suri?." Dan sampai akhir hayatnya, ibunya tidak pernah memenuhi harapan Wang So.

Jika boleh disimpulkan kekuatan terbaik dari seorang Hae Soo adalah kemampuannya dalam beradaptasi dan sabar (banget). Siapa coba yang bisa cepat beradaptasi saat terjebak di masa seribu tahun yang lalu. Tak hanya teknologi bahkan adab dalam kehidupan sehari hari sangat berbeda. Hae Soo bahkan menjadi dayang di istana dan dia mampu beradaptasi untuk menjadi dayang yang baik bahkan dengan semangat belajarnya dia akhirnya menjadi kepala dayang (Terkadang mikir ada gak ya cewek kayak gini? apalagi hidupnya di era Goryeo tapi dia bertindak seperti perempuan modern. Logika saya mungkin kalau Wang So gak jatuh cinta sama dia mungkin dia udah dihukum mati)

Selain Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo saya menyukai satu peran perempuan bulan lainya. Sama-sama diperankan oleh Lee Ji Eun tapi dalam kehidupan dan pribadi yang berbeda. Sebut saja namanya Jang Man Wol si pemilik Hotel Del Luna. Berbeda dengan Hae Soo yang terlempar ke era Goryeo, Jang man Wol adalah pemimpin pemberontakan di era Goryeo yang dikhianati oleh kekasihnya. Penghianatan yang membuat seluruh pasukannya mati. Jang Man Wol yang mengetahui tentang keberadaan Hotel Bulan tempat transit para arwah membawa pasukannya ke hotel tersebut agar dapat hidup tenang. Malang tak dapat dihindari, Jang Man Wol dengan rasa dendam dihatinya dikutuk menjadi pemilik hotel tersebut dan bertugas menyambut dan mengantarkan para arwah ke kehidupan selanjutnya. 


Saya menyukai kedua drama ini karena Hae Soo dan Jang Man Wol memiliki sifat-sifat yang mengajarkan kita sebagai perempuan harus mampu beradaptasi dengan segala kondisi dan tetap berdiri tegar walaupun banyak cobaan di depan mata. Oiya sampai lupa, mereka juga menampilkan selera fashion yang menarik. Dua perempuan yang harus melewati jalan hidup yang sulit karena bulan, Hae Soo karena gerhana bulan dan Jang Man Wol yang menunggu para arwah datang saat bulan purnama untuk mengantarkan arwah ke alam baka.

Hae Soo dan Jang Man Wol adalah dua dari sedikit perempuan yang hidup dalam era yang berbeda. Mereka yang mampu beradaptasi dan mempu memberi pengaruh pada era yang sedang dijalaninya. Terkadang sederhana, Hae Soo dengan ketulusannya mampu memberikan rasa percaya diri pada Wang So yang kelak akan memimpin Goryeo. Jang man Wol jangan ditanya dia adalah perempuan hebat yang mempu memimpin sebuah pasukan. 

 

Saya dan Drama Korea 

Saya dan drama korea seperti dua hal yang tidak dipisahkan dan banyak orang di kantor meminta rekomendasi drama pada saya. Dulu saat awal menonton Scarlet Heart Ryeo saya harus mencari TV kabel yang menayangkan SBS tapi saat ini menonton drama tidak sulit lagi dan bahkan kita bisa menonton dimana saja. Aplikasi Viu menawarkan banyak drama korea bahkan yang sedan tayang di negaranya langsung bisa ditonton (beserta subtitle). Kalau dulu harus numpang ke kosan teman yang punya TV kabel sekarang sudah ada digenggaman tangan. Bukan hanya kemudahan itu yang ditawarkan tapi banyak layanan dari Viu tapi banyak hal lain yang memudahkan dan memanjakan penggunanya, seperti:

1. Kualitas Video

Di Era 5G hal yang paling penting saat menonton adalah kejernihan gambar yang ditayangkan. Nah Viu memberikan gambar dengan kualitas High Definition untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Dan untuk kita yang memiliki keterbatasan kuota, tenang saja karena Viu memberikan pilihan kualitas gambar standard dan data saver

2. Tonton Offline

Ini adalah layanan yang paling saya suka karena menonton dengan layanan online terkadang suka menyebalkan saat signal hilang atau hujan turun. Dan Viu memberikan fitur download sehingga saya bisa mendownload beberapa video yang ingin saya tonton dan bisa akan tersimpan di akun saya dalam jangka waktu tertentu.

3. Koleksi

Jika di tahun 2016 saat saya mengikuti event Silent Viuing, koleksi yang ditawarkan kebanyakan adalah drama korea (yang tentunya update). Saat ini tak hanya penggemar drakor yang berbahagia karena Viu juga menawarkan berbagai koleksi animasi, drama Jepang, dan drama Asia lainnya yang akan membuatmu binggung mengatur jadwal nonton.

4. Trivia

"Nikmati beberapa trivia sambil menunggu sampai video dibuka"

Karena signal internet ditempat tinggal saya sering lambat jadi saya sangat berteman dengan trivia menarik yang ditampilkan oleh aplikasi Viu saat sedang menunggu drama ditayangkan. Terkadang tidak semua drama saya cari info detailnya dan trivia ini terkadang membuat saya lebih kepo. Pokoknya nonton drama korea di aplikasi Viu selalu punya cerita menarik.

5. Paket Premium

Nonton drama di aplikasi Viu gak sulit karena aplikasi Viu menyediakan berbagai jenis paket premium yang sangat memanjakan. Harga yang terjangkau dan terutama kemudahan dalam pembayaran paket premium yang ditawarkan. Sebuah rahasia yang ingin saya bongkar adalah Viu sering menawarkan paket bundling  yang terkadang keuntungannya tidak masuk akal. Saya pernah mendapat free paket berlangganan selama satu tahun dari paket bundling dengan salah satu merek smartphone. 

So, tunggu apalagi yuk download aplikasi Viu dan tonton semua koleksi dramanya!


Kalau Hae Soo binggung mikirin suka sama pangeran yang lama, Jang Man Wol binggung nungguin mantanya bereinkarnasi, Saya cuma receh karena binggung mau nonton drama yang mana T.T

You May Also Like

2 Comments

  1. Febbyol, aku suka banget drama ini. Tapi mentalku terlalu lemah untuk menontonnya. Ga berani ngadepin resiko nyesek berkepanjangan. Mungkin kalo beneran ada season 2 untuk merubah perasaan nyesek jadi lega, aku akan menyiapkan mental untuk nonton keseluruhan episodenya. Fyi, aku juga sering ngulang nonton, tapi hanya part2 yang ga bikin nyesek. 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun suka banget kak. Paling bete pas IU upload yang dia ketemu joon gi di masa depan dan malah gak ditayangin. Huhuhu

      Scarlet versi China sih ada season 2, tapi yang korsel mungkin susah. Secara para pangeran udah jadi aktor papan atas semua

      Hapus