Menikmati Keindahan Fauna indonesia

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan keanekaragaman hayati. Lokasi yang terletak antara 2 Samudera dan 2 Benua menjadikan Indonesia memiliki kedua jenis ragam fauna dari kedua benua. Penyebaran fauna Indonesia dibagi menjadi 3 wilayah yang dibatasi oleh garis abstrak yang disebut Garis Walace dan Garis Weber. Berdasarkan hal tersebut, keanegaragama fauna di Indonesia dibagi menjadi 3 zona, yaitu: Zona Asia, Zona Australia, dan Zona Peralihan. Sabagian besar wilayah Indonesia yang ada pada zona asia, australia, dan sulawesi di zona peralihan merupakan hutan hujan tropis yang terdiri atas banyak pepohonan tinggi, kawasan lembah dan bukit dengan berbagai ketinggian. Pada zona peralihan bagian selatan di kepulauan nusa tenggara terdapat hutan savana yang terdiri atas semak dan padang rumput yang luas.

Peta Zona Penyebaran Satwa Indonesia
Menikmati Keindahan Fauna di Surabaya
Konon katanya Kebun Binatang Surabaya (KBS) memiliki komodo terbaik yang ada di konservasi eksitu. Jika dulu saya sering mendengar isu buruk tentang kebun binatang ini tapi berbeda dengan sekarang. Saya adalah pengunjung setia kebun binatang dan sangat ingin mengunjungi KBS karena ingin melihat komodo komodo terbaik yang tumbuh seperti hidup di alamnya. tapi saat ini KBS mampu menampilkan naga terakhir Indonesia yang tumbuh dan berkembang biak dengan baik di dalam kawasannya. 


Sumber: Reza Iqbal (IDN Times)
Kebun Binatang Surabaya tak hanya menawarkan keindahan flora dan fauna Indonesia tapi juga sangat strategis karena tepat di pusat kota dan dekat dengan landmark surabaya. Menariknya dengan bergeser ke ke arah Timur kita bisa menikmati keindahan Indonesia yang lain yaitu Taman Nasional Baluran yang memiliki hutan dengan ekosistem padang rumput yang luas dan banyak satwa yang beraktivitas di lingkungan tersebut. Banyak orang menyebutkan lokasi ini sebagai Africa Van Java atau The Little Africa. Kita yang sudah bosan menikmati dan mengamati keindahan satwa Indonesia di dalam enclosure sederhana di kebun binatang ataupun kawasan konservasi eksitu lainya, bisa menjadikan Taman Nasional Baluran ini sebagai destinasi wisata untuk memulai pertualangan.


Menikmati Keindahan Fauna di Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran (Sumber: detik.com)
Foto diatas mengingatkan saya pada Leonardo Dicaprio dalam behind the scene film The Revenant yang ditayangkan lewat film dokumenter Before The Flood. Dicaprio berfoto didepan tumbukan tanduk kerbau atau hewan bertanduk lainnya dengan ketinggian hampir 5 meter dan mengatakan "Betapa hebatnya para kru menyiapkan scene ini dan mungkin bisa menjadi pengingat berapa banyak sumber daya alam yang telah kita manfaatkan". Dalam perjalanan saya ke Cina berapa waktu lalu, Suku Li dan Miou di Pulau Hainan juga mengumpulkan tanduk kerbau dengan cara yang sama untuk menjadi pengingat sumber daya dari alam yang telah kita manfaatkan. Taman Nasional Baluran memiliki monumen yang sama untuk mengingat satwa khasnya. Taman Nasional Baluran sangat identik sebagai habitat alami Banteng Jawa yang merupakan asal muasal Sapi Bali.

Semesta Alam Liar Baluran (Sumber: CNN Indonesia)

Tak hanya banteng, banyak pertualangan seru yang berhubungan dengan satwa liar bisa kita saksikan di Taman Nasional Baluran. Africa Van Java menawarkan pertualangan seru karena kita bisa menyaksikan langsung aktivitas satwa di zona pariwisata yang disediakan oleh pemerintah agar tidak menganggu aktivitas para satwa. Jadi apa saja yang bisa disaksikan para wisatawan:
  1. Kawasan Wisata Mangroove
  2. Pusat Konservasi Semi Alami Banteng Jawa 
  3. Pengamatan Burung Liar terutama Merak
  4. Pengamatan Kawanan Rusa
Menarik bukan? Dengan satu kali perjalanan terbang dari Jakarta ke Surabaya kita bisa menikmati keindahan flora dan fauna Indonesia yang ada di konservasi eksitu Komodo di Kebun Binatang Surabaya dan konservasi insitu Banteng Jawa di Taman Nasional Baluran. 



Perkembangan teknologi dan komunikasi banyak memudahkan kita untuk mempermudah perjalanan dari pemesanan tiket pesawat ke Surabaya serta pemesanan akomodasi hotel dan transportasi perjalanan lainnya. Saya sering kali menghabiskan waktu untuk mencari promo dan discount terbaik yang ditawarkan dan saat ini tak perlu lagi melakukan banyak survey karena Pegipegi menawarkan 4 jaminan bagi konsumen:
  1. Kemudahan Pembayaran merupakan hal pertama yang dicari oleh konsumen dan Pegipegi memberikan pilihan pembayaran yang lengkap melalui transfer bank, kartu kredit, pembayaran di swalayan, internet banking, dan cicilan.
  2. Diskon dan Promo tak perlu diragukan karena Pegipegi memberikan banyak potongan pembayaran untuk berbagai metode pemesanan maupun pembayaran.
  3. Pepepoin merupakan favorit saya karena semakin banyak poin yang terkumpul bisa dijadikan tabungan untuk potongan pembayaran berikutnya.
  4. Best Price Guarantee, Pegipegi juga memberu jaminan bahwa kita akan mendapatkan harga terbaik yang ditawarkan.
Yuk, mulai travelling mengunjungi keindahan flora dan fauna Indonesia karena kalau bukan kita yang mencintai dan melindungi mereka, 
siapa yang harus melakukannya?

You May Also Like

0 Comments