Perkembangan Transportasi Indonesia

Satu bulan silam sangat populer sebuah film layar lebar yang diangkat dari karya seorang maestro Pramudya Ananta Toer. Jika sempat menonton film itu, kita bisa menyaksikan betapa asrinya wilayah perkebunan milik Nyai Ontosoroh yang bisa dicapai dengan kereta kuda/ delman. Dalam film yang sama juga menunjukkan perkembangan teknologi dimana masyarakat kelas atas mulai menggunakan kendaraan roda empat sebagai sarana transportasi dan perjalanan jarak jauh yang dapat ditempuh dengan kereta api uap. 

Jika melihat ke masa lalu, bukankah kita akan sangat mengagumi perkembangan teknologi manusia agar bisa lebih efektif dan efisien saat melakukan perjalanan jarak jauh. Dalam beberapa tahun terakhir pemerintah Indonesia meningkatkan infrastruktur jalan raya, bandara, dan pelabuhan demi meningkatkan perekonomian Indonesia. Tidak hanya transportasi yang biasa dan lazim digunakan, dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu, serta mengurai kemacetan dalam rangka menyongsong Asian Games 2018.


Jakarta dan Palembang sebagai wajah bangsa Indonesia dihadapan dunia saat pelaksanaan Asian Games 2018 menjadi salah satu pusat perhatian pemerintah dalam pengembangan infrastruktur terutama sarana trasnportasi. Pengembangan infrastruktur dan transportasi merupakan salah target yang harus dikembangkan untuk memudahkan para atlet dan suporter serta masyarakat yang akan menyaksikan dalam hal mobilisasi. Yuk, mengintip pengembangan sarana transportasi yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia: 

1. Lintas Rel Terpadu (LRT) Sumatera Selatan


Sumber: tempo.co.id
Palembang sebagai salah satu kota utama pelaksanaan Asian Games 2018 akan menjadi serbuan masyarakat dari seluruh Asia untuk mendukung para perwakilan negaranya. Padatnya jadwal pertandingan di Asian Games dan mengakibatkan mobilisasi yang cukup tinggi antar venue sehingga diperlukan angkutan massa dengan daya tampung. LRT Palembang menghubungkan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Bahdarudin II menuju Kompleks Olahraga Jakabaring. LRT Palembang bukan hanya sebagai sarana transportasi, namun bisa memberikan pengalaman wisata bagi penumpangnya akrena jalur LRT ini melintas di atas Sungai Musi dan sejajar dengan Jembatan Ampera.

2. Peningkatan Fasilitas Bandar Udara dan Jumlah Penerbangan


Bandar Udara Kertajati (Sumber: merdeka.com)
Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat besar sehingga jarak tempuh menjadi tantangan terbesar pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan maupun roda perekonomian bangsa. Presiden Indonesia Ke-3 BJ Habibie menjadikan proyek pesawat terbang dan Bandar udara menjadi tujuan utama bangsa. Bahkan dalam rancangan pembangunan Patung Dirgantara yang menunjuk ke Bandar Udara Kemayoran Jakarta, Ir. Soekarno menjadikan makna "Go International" pada patung ini. Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Perhubungan Republik Indonesia telah banyak membangun Bandar Udara di seluruh pelosok Indonesia untuk mempermudah perjalanan masyarakat. Adapun 5 proyek Bandar Udara terbesar yang telah dan akan dilakukan adalah:

  • Bandar Udara Internasional Jawa Barat/ Bandar udara Kerta Jati
  • Bandar Udara Kediri
  • New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA)/ Bandar Udara Kulon Progo
  • Pengembangan Bandar Udara Baru di Bali Utara
  • Pengembangan Terminal 4 Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta
Tak hanya pengembangan bandara bertaraf internasional, Kementerian Perhubungan banyak mengembangkan Bandar Udara perintis di seluruh penjuru Indonesia terutama di daerah timur Indonesia, serta meningkatkan jumlah penerbangan ke daerah perintis tersebut.

3. Perkembangan Kereta Api Indonesia


Sumber: kumparan.com
Kereta api sudah menjadi transportasi massa favorit sejak diperkenalkan oleh Kolonial Belanda pada abad ke-19. Perkembangan Kereta api jarak jauh maupun jarak dekat 10 tahun terakhir sangat luar biasa. Penertiban penumpang dan sistem tiketing yang memudahkan membuat banyak masyarakat yang beralih ke sarana transportasi ini. Sayta sebagai warga yang baru 10 tahun hidup di ibukota merasa bahwa perkembangan transportasi terbaik dan tercepat adalah Kereta Api. Jika 10 tahun yang lalu kita bisa melihat banyak orang yang memaksakan naik ke atap kereta, pedagang yang berlalu lalang diarea peron dan dalam kereta. Pemerintah melalui perusahaan BUMN Kereta Api Indonesia menertibkan kondisi tersebut sesuai tempatnya. Dan inovasi terbaik adalah pengelolaan tiketing yang memudahkan pengguna. Selain kereta dalam kota, PT. KAI juga menertibkan kereta jarak jauh dari segi pelayanan, kenyamanan penumpang, serta kemudahan dalam memperoleh tiket perjalanan.

4. Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta

Transportasi apa yang membuat Indonesia jadi lebih keren?




MRT dong..
Saya termasuk salah satu dari banyak orang yang penasaran dengan transportasi publik satu ini. Rel yang memiliki 2 pemandangan bawah tanah dan jalan layang meningkatkan rasa keingintahuan masyarakat untuk menggunakan sarana ini. Dengan kecepatan dan waktu tempuh yang cepat, sarana trasnportasi ini menjadi favorit masyarakat di wilayah timur dan selatan jakarta yang sulit/ jauh dijangkau oleh transportasi kereta ataupun jalan raya yang macet.

Masih banyak sarana transportasi yang dikembangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Perhubungan di seluruh pelosok Indonesia. dan sebagai masyarakat yang cerdas dan bijaksana kita harus mengawal dan memantau semua program pemerintah dalam pengembangan sarana trasnportasi di Indonesia.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia
Website: http://dephub.go.id
Twitter: @kemenhub151
Facebook: Kemenhub 151
Instagram: @Kemenhub151


Karena jika bukan kita, Siapa yang akan memantau pemerataan pembangunan sarana transportasi di Indonesia?

You May Also Like

1 Comments

  1. Dengan adanya LRT semakin mudah dan semakin cepet sja ya kalo mau ke mana-mana.

    Btw, yang Bandara Kertajati itu kok keliatan sepi-sepi gimana gitu ya (?). Hmmm.. apakah kurang strategis karena agak jauh dari kota-kita besar?

    Ku belum nyobain LRT.

    BalasHapus