Sabtu, 23 Juni 2012

Jurnal 32, The Story (3)

"Yang harus kamu lakukan sekarang bukan lagi Truth or Dare." 
"Yang harus kamu lakukan adalah Truth and dare!"

"Tak bisakah sekali saja kau melihat ke arahku?" ini adalah bagian dari kata 'dare', aku harus mengumpulkan beribu keberanian untuk muncul dihadapannya. Dan, aku harus mengumpulkan lebih banyak lagi keberanian untuk mampu mengatakan betapa aku mencintainya. 
"I Love You!" Dan sekali lagi kalimat itu hanya muncul dalam otakku.
"Bagaimana mungkin aku tidak melihatmu." ucapnya dengan yakin "Seseorang yang melakukan banyak hal bodoh tepat didepan mataku."

Kamis, 21 Juni 2012

Jurnal 31, History

Aku suka sejarah karena sejarah merekam setiap peristiwa yang perlu diingat; nama-nama penting, monumen bersejarah, dan kejadian istimewa. Kata sejarah sendiri serat dengan makna yang luar biasa-Masa lampau yang tetap utuh dimasa depan. Apapun yang terjadi, menjadi bagian dari sejarah adalah sesuatu yang menakjubkan.
The thing is, everything and everyone is a part of history. Namamu mungkin tak hadir dalam buku-buku pelajaran yang dibagikan sebagai bagian dari kurikulum wajib, tetapi kau tetap merupakan bagian dari sejarah hidup seseorang. baik itu adalah sesuatu yang besar seperti masuk ke koran lokal kotamu karena memenangi posisi pertama di science fair, atau sesuatu yang lebih sederhana, seperti foto kelasmu di buku tahunan sekolah. Namamu akan ada dalam hati sahabat dan anggota keluargamu, kau akan menjadi cinta pertama seseorang, pasangan porm seseorang, dan sahabat seseorang. Dan, saat meninggalkan dunia nantinya, dirimu akan selamanya menjadi bagian dari sejarah, sekecil apapun lingkupnya.

Rabu, 20 Juni 2012

Jurnal 30, Kecerdasan Otodidak Masyarakat Baduy


Hidup di wilayah kaki pegunungan Kendeng di desa Kanekes, dan terkenal dengan masyarakat Baduy. Adapun sebutan suku Baduy berasal dari kata Badui, yakni sebutan dari golongan/ kaum Islam yang tidak mau mengikuti dan taat kepada ajaran agama Islam, sedangkan di Saudi Arabia golongan yang disebut Badui merupakan golongan yang membangkang tidak mau tunduk dan sulit di atur sehingga dari sebutan Badui, selain itu kata Baduy mungkin berasal dari nama Sungai Baduy dan Gunung Baduy yang ada di utara wilayah tersebut. Masyarakat Baduy terbagi menjadi Baduy dalam dan Baduy luar, secara umum mereka memiliki persamaan dalam adat istiadat. Perbedaannya terletak pada masyarakat Baduy luar memberikan keringanan dalam pelaksanaan adat tersebut, misalnya masyarakat baduy luar diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor sedangkan masyarakat baduy dalam hanya boleh berjalan kaki.

Jurnal 29, The Story (2)

Apalah arti sebuah kartu?? Tapi, mereka akan sangat berarti ketika diberikan oleh seseorang yang spesial dengan makna tertentu. Kartu merah dengan makna 'Ku titipkan hatiku padamu' dan 'Bantu aku untuk lebih dekat denganmu' untuk kartu hitam.
"Ikuti kata hati dan berikanlah pada orang yang paling kau percaya." Kalimat itu terdengar sangat jelas ditelingaku. Aku berdiri dan memberikan kartu merah milikku kepada sahabatku dan kartu hitam di tanganku pada seseorang.

Minggu, 17 Juni 2012

Jurnal 28, Death by Cocholate and Spaghetti

Death by Cocholate = Mati karena cokelat. 
Kalau semua orang pake ilmu google translate, pasti gak bakal ada yang mau makan di DBC, kecuali buat spesies Canis familiaris

Death by Cocholate and spaghetti merupakan salah satu tempat makan yang unik dengan mengangkat tema Haloween. Lokasi di Jl. Ciremai dekat Taman Kencana dengan desain interior model hemat listrik menjadikan DBC sebagai salah satu lokais kuliner yang wajib dikunjunggi. Saya bukan jenis manusia yang suka kuliner, tapi kebetulan diajak oleh teman sesama kembang api untuk makan malam disini.
Pukul 17.00 kami berangkat dari Dramaga ke kawasan Taman Kencana, tata ruang, penggunaan lilin dan obor sebagai penerangan utama cukup menarik perhatiaan saya. Entah kenapa saya tidak terlalu tertarik dengan tempat ini, dilihat dari sangat kurangnya minat saya untuk menuliskan tentang DBC.
Menu yang kami pilih adalah Tuna Frittata, Smoke Chicken Frittata, Ground Beef Frittata, Jeruk Nipis selasih, dan Death by Cocholate. Fritatatta merupakan spaghetti bakar yang menurut saya sedikit banyak mirip lasagna. Death by Cocholate lebih mirip brownies kukus dengan bahan 100% cokelat. Bagi manusia seperti saya, yang tidak suka makanan manis, ada baiknya memesan Death by Cocholate ukuran paling mini.

Salah satu menu unik ala DBC

Jurnal 27, Soegija

"Saya Merindukan seseorang!" pikiran itulah yang terlintas ketika duduk di bioskop dan mulai menonton film Soegija. Ya, saya merindukan nenek. Nenek yang sering menceritakan masa kecilnya di zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Jika saya boleh menyimpulkan, nenek saya mengagumi bangsa Jepang. Walaupun, kedatangan bangsa Jepang pada awal dekade 1940 mematikan cita-cita nenek untuk belajar lebih lama di Sekolah Rakyat (SR).
***


Soegija hampir sama dengan duduk di kelas dan mempelajari sejarah Perang dunia II dan masa pasca kemerdekaan RI. Saya termasuk orang salah satu penonton yang kecewa dengan penggunaan judul Soegija. Dengan pengetahuan yang sangat minim tentang pekerjaan dibalik layar pembuatan film, saya hanya bisa berkomentar tentang fokus cerita. Film ini tidak fokus pada judul yang diangkat, saya membayangkan akan menyaksikan kisah perjalanan hidup dari seorang Soegija. Tapi, film ini lebih menitikberatkan pada peranan Soegija secara tidak langsung dalam fungsinya sebagai pemimpin (kalimat yang aneh). Saya rasa, fokus film ini ada pada kisah tentang Mariyem dan Ling-ling yang kehilangan ibunya sedangkan Soegija hanya ada di awal cerita saat penobatan, muncul beberapa kali di tengah cerita untuk membantu rakyat dan berdiplomasi dengan sasama pemimpin Indonesia serta pemimpin negara lain (dalam hal ini Vatikan).

Selasa, 12 Juni 2012

Jurnal 25, Mahasiswa Baru

Hari ini kampus penuh dengan mahasiswa baru yang berpakaian lumayan rapi dan membawa map. Dan kostan pun jadi rame dengan adek-adek satu daerah yang baru masuk IPB dan orang tua yang mengantarkan mereka. Kesimpulannya, sebentar lagi semester 6 berakhir dan..... (Liburan telah tiba).
 
Flash back...
Ternyata waktu berlalu sangat cepat. 3 tahun yang lalu tepatnya tanggal 1 Mei 2009 saya resmi pindah domisili ke Bogor tepatnya di daerah Cibinong. Ikut bimbingan belajar dengan 13 teman-teman yang baru saya kenal disini dan merasa sangat kesepian setiap membaca status facebook teman-teman satu sekolah yang mengambil kelas bimbingan belajar bersama di kota Padang. Saya merasa lebih beruntung karena dengan keadaan yang mengharuskan untuk sendiri, saya menjadi lebih mandiri. Saya tidak bisa menunggu diantar oleh uni untuk mencapai sebuah lokasi, jadi hanya bermodalkan tanya sana sini dan bantuan dari google map. 

Senin, 11 Juni 2012

Jurnal 24, Blood Type



Entah sejak kapan saya tertarik pada tipe darah. Mungkin sejak uni mengajarkan perkalian tipe darah ketika SMP? atau setelah menonton film sifat manusia berdasarkan tipe darah?

Saya mempatenkan tipe darah saya adalah AB, setelah diajarkan perkalian tipe darah dan melakukan pemeriksaan ternyata darah saya tergolong pada tipe A. Pada awalnya saya merasa kecewa karena memiliki tipe darah yang berbeda dengan kedua orangtua yang sama-sama memiliki tipe darah AB, tapi setelah sukses mengerjai adik saya yang memiliki tipe darah B rasa kecewa itupun sirna.

Jumat, 08 Juni 2012

Jurnal 23, Vinda's Birthday

Hanya sebuah postingan singkat, perwujudan permintaan maaf saya kepada Vinda. Dua hari yang lalu tepatan dengan 6 Juni 2012, sahabat saya Vinda Mulyetti D. merayakan ulang tahunya yang ke-21.Atas ide cerdas dari saudari Nadine Adrianna, kami berdua berencana untuk mengerjai dengan pura-pura melupakan ulang tahun vinda hingga satu minggu ke depan. 
Mulai dari pra-ujian Endoparasit kami berhasil mengalihkan perhatian vinda dengan belajar bersama dan pasca ujian kami langsung kabur setelah melihat sebuah kue ulang tahun. Kue ulang tahun yang disiapkan oleh teman-teman satu kelas C untuk merayakan ulang tahun trio 101 (Vinda-Putra-linda).

Kamis, 07 Juni 2012

Jurnal, 22 Hordeolum


Pertama kali mendengarkan kata Hordeolum adalah ketika melihat reply uni di twitter. Yah... beberapa hari terakhir kelopak mata saya menjadi tidak simetris dan kurang nyaman ketika harus menutupkan mata.  Akhirnya saya memutuskan memotret mata saya dan mengirimkan ke uni untuk di diagnosis (kegiatan ini adalah bentuk penghematan untuk seorang adik yang punya kakak dokter). Karena penasaran akhirnya saya searching di google tentang peradangan pada kelenjar air mata dan menemukan blog keren milik seorang dokter (klik disini)