Senin, 18 Maret 2019

Dunia Fantasi dan Konservasi

Apa yang menjadi impian semua anak-anak?
Tentu saja Taman Bermain. Saya masih bisa mengingat jelas pada awal abad ke-21 uni yang baru pulang dari karya wisata Sumatera-Jawa bilang "Disana ada istana boneka yang menyimpan koleksi boneka dari seluruh Indonesia dan beberapa negara di dunia". Dan tentunya, saya yang saat itu masih duduk di bangku sekolah dasar punya impian untuk berkeliling dengan sebuah perahu mengelilingi replika budaya nusantara dan beberapa negara di dunia seperti yang diceritakan oleh uni saya tentang Istana Boneka. Saya baru berkesempatan untuk datang ke Taman Bermain ini setelah memasuki usia kepala dua dan saya percaya bahwa Taman Bermain bukan hanya untuk anak-anak tapi diciptakan untuk semua rentang usia.
Dan, apa impian terbesarmu?
Saya? Impian saya sangat sederhana. Saya ingin menjadi suara dari hutan, suara dari para penghuninya, suara dari satwa-satwa yang terancam punah. Suara untuk menyampaikan agar masyarakat mengenal mereka, mulai menyayangi mereka, dan ikut berperan dalam usaha pelestarian satwa. Dan saya percaya bukan hanya saya yang ingin mewujudkan impian tersebut. Cita-cita saya sudah dilakukan oleh Dunia Fantasi yang mengenalkan satwa-satwa Indonesia terutama jenis primata lewat Wahana Balada Kera diawal pengembangannya.
Dunia Fantasi?
Siapa yang tidak kenal dengan maskot Dunia Fantasi yang berasal dari Kalimantan. Dia memiliki hidung panjang tapi dia bukan Pinokio karena dia adalah primata yang kebanggaan Indonesia yang berasal dari Borneo. Adalah Nasalis larvatus yang diberi nama Dufan merupakan maskot pertama dari Dunia Fantasi tempat berkumpulnya para kera. Tentunya Dufan gak sendiri, dia memiliki seorang teman bekantan betina yang diberi nama Dufi. Seiring berjalannya waktu, Dunia Fantasi memberikan banyak inovasi baik pengembangan wahana maupun maskot-maskotnya. Hadir untuk menemani Bekantan Dufan dan Dufi, ada Kabul (Katak Gembul), Bije (Bison Jenaka), Tanit (Tapir Genit), Kombi (Komodo Gembira), Cili (Kancil Licik), dan Barus (Babi Rakus). Jujur saja, saya tidak mengenal mereka semua karena selama ini mereka hanya menemani Dufan dan Dufi saja.

Doc: Pribadi
Jika Selama ini kita disambut oleh Dufan kemudian melewati lorong panjang menuju gerbang utama Dunia Fantasi. Maka pada tengah tahun 2019 nanti, Dufan tak lagi sendiri karena semua maskot Dunia Fantasi akan hadir untuk menyambut kehadiran kita lewat gerbang barunya. Dunia Fantasi tak hanya menghadirkan gerbang baru untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung yang datang, tapi juga menghadirkan 9 wahana baru yang bertajuk Dunia Kartun. Mau tau ada kejutan apa dari Dunia Fantasi di tahun 2019?



Hayooo, ngaku siapa yang gak sabar datang ke Dunia Fantasi dan masuk lewat gerbang baru yang super keren ini? Saya gak sabar untuk menguji adrenalin berada pada ketinggian 30 M lewat wahana Baling-Baling dan mengetahui kisah menarik seolah melewati gerbang waktu menuju abad ke-19 yang disajikan melalui indoor roller coaster di wahana Haunted Coaster

Dunia Kartun dibangun diatas lahan seluas 3.5 hektar yang dilengkapi dengan 9 wahana baru. Selain Baling-Baling dan Haunted Coaster dihadirkan wahana berikut ini:

  1. Paralayang yang memberikan sensasi terbang yang tak terlupakan
  2. Anak-anak yang selama ini mupeng melihat orang dewasa naik Histeria, bisa mencoba melesat menuju ketinggian 8 meter lewat wahana Turbo Drop.
  3. Karavel punya nama lain Galleon Race. Saya sih membayangkan sedang ada di Brankas milik Gringgotts yang tertanam dibawah kota London. Ternyata saya salah karena wahana yang dikhususkan untuk anak-anak ini memberikan sensasi menjadi bajak laut dengan pergerakan 360 derajat.
  4. Kolibri memberi kesempatan pada anak-anak untuk merasakan sensasi mengemudikan sendiri ride yang disediakan.
  5. Kalau Zic Zac merupakan wahana yang menjawab aksi protes orang yang tidak diperbolehkan mengendarai Baku Toki karena kelebihan tinggi badan (baca: usia). Dengan adanya Zic Zac kita bisa merasakan sensasi mengendarai mobil bertenaga listrik dan beranggapan sedang ada di sirkuit F1.
  6. New Ontang-Anting jawaban untuk anak-anak yang masih merasa takut duduk sendirian di kursi ontan-anting bisa didampingi oleh orang dewasa dan menjadi lebih berani.
  7. Fantastique Magic Fountain Show akan menampilkan pertunjukan menarik. Jangan tanya saya pertunjukan apa? Karena ini akan menjadi sebuah kejutan menarik yang sayang jika dilewatkan.
Vice President Dunia Fantasi (Doc: Pribadi)
Kenapa diberi nama Dunia Kartun? Menurut Vice President Dunia Bapak Eddy Prasetyo Fantasi Kartun merupakan sesuatu yang tak lekang oleh waktu dan tak terbatas usia. Kartun bukan hanya dinikmati oleh anak-anak yang menantikan maraton kartun di hari minggu, tapi juga dinikmati oleh berbagai kalangan usia. Semua wahana yang ada di Dunia fantasi selalu dilakukan maintenance secara rutin dan langsung oleh produsen yang menciptakannya sehingga kita tak perlu khawatir. Dan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengunjung Dunia Fantasi telah mendapat sertifikat ISO 9001-2015 sejak Februari 2017.

Siapa bilang Dunia Fantasi hanya sekedar taman bermain? 
Dunia Fantasi sejak awal pengembangannya pada tahun 1985 secara tidak langsung mengenalkan konservasi satwa endemik dan kebudayaan Indonesia. Tadi saya sempat iseng menelusuri sejarah pengembangan Dunia Fantasi yang diprakarsai oleh tim BENDUFAN (Bengkel Dunia Fantasi). Tidak hanya menyediakan wahana bermain untuk para pengunjung Dunia Fantasi juga menyajikan sebuah kisah dan jika lebih spesifik akan menonjolkan budaya dan ciri khas Indonesia. Paling menarik adalah Istana Boneka karena kamu bisa mengelilingi Budaya dan Tradisi Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Saya akan beritahu satu rahasia lagi tapi ini cukup menyebalkan karena kita diharuskan untuk menunggu. Dunia Fantasi akan meluncurkan 7 wahana di pertengahan tahun 2019 dan 2 wahana lagi akan menjadi kejutan untuk kita para pengunjung di penghujung tahun 2019. Yang penasaran dengan keseruan Dunia Fantasi terutama Dunia Kartun, bisa membeli tiketnya secara langsung maupun online di website Dunia Fantasi dan jangan lupa mengikuti media sosial Dunia Fantasi karena ada banyak promo yang akan membuatmu sedih jika terlewat. 
Dunia Fantasi
Dunia Keajaiban dan Kegembiraan Keluarga

Saya berkesempatan mengajak 3 orang teman untuk berlibur ke Dunia Fantasi pada hari minggu 10 Maret 2019 lalu. Selain wahana-wahana seru yang menantang adrenalin dan memancarkan kebahagiaan bagi kami semua, Dunia Fantasi menampilkan pertunjukan dari salah satu Magician Indonesia yang telah mendunia melalui program American Got Tallent. Demian hadir dengan pertunjukan menarik dan menegangkan di setiap hari minggu pada pukul 14.00 WIB, jadi tunggu apa lagi? Karena saya binggung menjelaskan dqalam kata-kata tentang perjalanan di Dunia Fantasi, dokter Sefa membuat sebuah Video singkat tentang hari itu.



Sumber:

  1. https://www.ancol.com/id/destination/dunia-fantasi
  2. https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/travelling/16/06/17/o8x3n9-pencipta-emtheme-songem-dufan-dan-garuda-pancasila-adalah-orang-yang-sama
  3. https://www.kaskus.co.id/thread/5a470a7fc2cb1754578b456f/yuk-intip-sejarah-berdirinya-dufan-alias-dunia-fantasi/
  4. Video: https://www.youtube.com/watch?time_continue=6&v=KFHrFfdPCeo

0 komentar:

Posting Komentar