Sabtu, 14 Juni 2014

Jurnal 97, Liebster Award



Liebster Award....
Yeay... saya jadi ngerasa semacam selebritis yang mendapat award dan pulang-pulang bawa tropi semacam Grammy Award, Panasonic Award, MTV Music Award, dan bla... bla... Award lainnya. Sebelumnya saya harus mengucapkan terima kasih kepada Ailsa Fathir Humaira, kak Siti Nurjanah, dan Pertiwi Yuliana yang telah menyelipkan nama saya diantara 11 blogger Liebster Award kalian. Karena nama saya udah muncul tiga kali dan angka favorit saya adalah 3 "kebangetan" kalau 11 pertanyaan dari mereka bertiga belum di jawab. So... siapapun yang pertama kali mengusung Liebster Award ini, "tolong ampuni saya yang sedang sok sibuk ngerjain skripsi ini karena melanggar aturan nomor 2 Liebster award, karena saya harus menjawab 33 pertanyaan yang diberikan oleh 3 blogger diatas."

Baiklah, saya akan mulai dengan menjawab pertanyaan dari Ailsa. Check this out....
1. Menulis itu ibaratkan apa sih?
Menulis itu adalah skripsi...
Susah- susah gampang. 
Ada waktuya lancar jaya tanpa hambatan tapi kadang-kadang mampet, bisa jadi otak lagi gak bisa mikir, kehabisan ide mau ngetik apa, atau frustasi ngeliat revisi-an dosen 

2. Apa yang sudah pernah di dapat dari menulis? 
Dari nulis apa dulu ni? 
Kalau jaman sekolah alhamdulillah dapat nilai buat ngisi rapor. 
Kalau dari nulis di blog, alhamdulillah pernah dapat beberapa hadiah kecil-kecilan semacam bohlam LED, mini carier, jaket, sama uang yang lumayan buat buat nutupin biaya bulanan.
Kalau pas kuliah?? Insya allah, dapat tambahan gelar di ujung nama, Aminn :)

3. Apa yang membuat lo jengkel pas lagi nulis?
"Males", susah, gak pernah ada obatnya, kalau bilang "gak ada ide" itu mah alasan doang. 

4. Siapa sumber inspirasi kalian?
Siapa ya?? Kalau di dunia tulis menulis mungkin guru waktu SD. Dulu pernah ngambek sama si ibu karena di depak dari olimpiade IPS dan dipindahin ke Bahasa Indonesia, dan ujung-ujungnya gak mau ikutan lomba. Kalau sekarang, mungkin si bapak PS (Pembimbing Skripsi), karena setiap ngeliat kebaikan hati si bapak jadi mikir kebaikan apa yang pernah diperbuat di masa lalu sampe bisa dibimbing si bapak yang sangat.. sangat baik hati. Karena si bapak juga jadi terinspirasi pengen nulis banyak hal tentang satwa liar, dan kedokteran hewan.

5. Kalau dikasih kesempatan nulis bareng sama penulis yang karyanya keren dan terkenal, siapa?
Hmmm......
Bingung, mungkin yang dekat-dekat dulu kalii ya... Mbak Winna Efendi.

6. Ada yang bilang, menulis dapat mengubah dunia. Menurut kalian, itu bener nggak sih? Kenapa?
Mengubah dunia? Ya iya lah, bukan cuma nulis karena setiap apa yang kita lakukan setiap detiknya pasti akan mengubah dunia. 

7. Kalian siap nggak, kalau ada editor yang tiba-tiba datang dan minta bikin satu buku/novel,  tapi, kalian nggak menguasai tema yang dikasih sama editor.
Siap dong. Itu gunanya proses kan? Editor kan hampir sama lah dengan dosen pembimbing skripsi, pasti banyak pelajaran baru dan corat-coret revisi-an yang akan membawa kita ke titik akhir dan menyelesaikan buku tersebut.

8. Lebih suka nulis dengan genre apa?
Mungkin romance, tapi sekarang pengen banget nulis tentang satwa liar dan lingkungan, jadi masih nyari celah biar bisa nulis sesuatu yang mengamanatkan untuk melindunggi satwa liar dan cinta lingkungan.

9. Pekerjaan apa yang menurut kalian paling keren?
Dokter hewan dong, apalagi yang ngurusin satwa liar. Percaya deh :)

10. Penulis yang menurut kalian paling ‘waw’ siapa?
J.K Rowling, yang bisa membuat saya dan semua anak di dunia percaya bahwa sihir itu bisa benar-benar nyata. 

11.  Males nggak jawab pertanyaan-pertanyaan gue? wkwk
hmmm..... gimana ya?? Lewat WA aja yaa jawabannya..

Next... 11 Questions from kak Siti Nurjanah
1. Apa tujuanmu pertama kali membuat blog ?
Awalnya bikin blog tahun 2009 buat tempat posting cerbung yang rada-rada gak jelas karena udah bosan nulis di notes facebook. Trus, tahun 2011 bikin blog baru karena ada temen yang heboh di akun facebook promosiin blognya, masa kalah sih? :)

2. Kenapa kamu tertarik dunia blogging ?
Karena bebas nulis apa aja tanpa harus ngikutin aturan paper yang gak jelas. Dan melalui dunia blogging bisa kenal banyak orang-orang keren, dan gak melulu ketemu orang-orang satu profesi yang cuma membahas materi yang sama.

3. Apa yang sudah kamu hasilkan dari blog ?
Mantra, yang mengikat saya sama si blog yang udah dianggap kayak rumah jadi mau gak mau wajib berpikir keras dan memunculkan sebuah ide untuk ditulis di blog tiap bulannya. 

4. Bagaimana cara kamu menarik pembaca untuk mau membaca tulisanmu ?
Share di twitter, tapi gak tau kenapa saya tidak terlalu fokus pada hal itu. Kalau ada yang baca ya syukur, kalau gak ya udah.. Madesu banget ya kak??
 
5. Diantara pilihan berikut, kamu lebih suka pantai atau gunung ? alasannya apa ?
Gunung, karena saya dilahirkan di salah satu pegunungan terbaik di Indonesia. Kesejukan gunung itu tiada tara, emang sih kita butuh debur ombak dilautan dan melihat keindahan bawah laut itu emang bikin ngiler. Tapi bagi saya gunung adalah rumah tempat kembali dan pantai adalah tempat untuk beristirahat sejenak. 
6. Lebih milih ransel atau koper ? kenapa ?
Ransel dong...
Koper itu berat-beratin bagasi masukin barang aja kopernya udah berat sendiri. 

7. Apakah kamu suka membaca ? Biasanya berjenis genre apa ?
Yep... suka banget... Genre fantasi semacam sihir-sihiran, vampire-vampiran, dan sejenisnya, dan Romance juga.

8. Apa yang menjadi impian terbesar dalam hidupmu ? Apakah sudah tercapai ?
Selesai, saat ini ingin pulang dengan nama "dokter" dan itu baru akan tercapai 2 tahun lagi, insya allah.
  
9. Apa hal memalukan yang pernah kamu lakukan ?

Kok saya gak bisa jawab ya kak??? Hahahahha, kayaknya ini akibat jadi manusia yang malu-maluin karena gak pernah nyadar kalau ngelakuin sesuatu yang malu-maluin.
 
10. Apa ketakutan terbesarmu ?
Gagal. terdengar klise, tapi saya persis seperti yang diceritakan tentang seorang yang bergolongan darah A, kebanyakan plan karena takut gagal.
 
11. Siapa / apa yang menjadi motivasi dalam hidupmu ?
Dia yang ada di atas, mereka yang mendukung saya  di rumah, dan mereka yang akan ada di masa depan.

The last, 11 pertanyaan dari Pertiwi Yuliana yang PR banget karena blognya si doi gak bisa copy paste jadi mesti di ketik ulang.
1. Apa, sih, yang membuat kalian pertama kali berpikir untuk ngeblog?
Karena melalui dunia blogging bisa kenal banyak orang-orang keren, dan gak melulu ketemu orang-orang satu profesi yang cuma membahas materi yang sama. Percaya deh ketemu orang yang sama dan memiliki ilmu yang sama itu ngebosenin. Makanya, pengen ngeblog dan tau tentang berbagai manusia dari berbagai kalangan dan disiplin ilmu.

2. Suka blogwalking? konten seperti apa, sih, yang kalian suka dan gak suka?
Yep.... Kalau sekarang sih lagi suka blogwalking dan googlewalking terkait pilpres. Sebagai warga negara yang baik kita harus dong tau perkembangan untuk menemukan pemimpin baru bagi negeri ini. Kalau sehari-hari sih, blogwalking di blog teman-teman, blog yang nulis tentang film dan buku terbaru (good reads).

3. Selain komunitas blogger, ada komunitas lain yang kalian ikuti gak?
Wildlife, minat utama selain nulis ya semua yang terkait satwa liar dan lingkungan hidup.

4. Kalau dikasih kesempatan untuk jadi penulis beneran yang bukunya dipajang di toko buku seluruh Indonesia, kalian pengen banget buku kalian diterbitin sama penerbit apa?
Wah, harus sebut merk ni.....
Gramedia, amin :)

5. Playlist lagu favorit kalian sekarang apa?
Roar, Katy Perry. Awalnya denger karena lagu ini jadi sountrack Vampire Academy, setelah di dengerin dan suka banget sama makna dari lagu ini, dan setelah download video klipnya jadi makin suka karena ngangkat tema satwa liar.

6. Apa definisi galau dan alay menurut kalian?
Galau --> Kondisi ketika seseorang merasa binggung, dan belum menentukan arah dan tujuan kedepan.
Alay --> 4L4Y = Aneh, gak cocok, gak pantes, gak sesuai.Apapun yang gak pas dengan kondisi seharusnya =4L4Y

7. Gue suka banget kalimat: Live your life with passion. Kalian setuju, gak? Alasannya kenapa?
Setuju, apa sih artinya hidup tanpa passion. Kamu akan hidup seperti robot atau mungkin jadi sapi di hay day, cuma ngikutin perintah si pemain.
 
8. Sebutkan 7 hal menarik menurut kalian!
 Buku, Film, Satwa liar, Hutan, Catatan, Surat, dan Rumah

9. Ada gak hal-hal yang kalian gak suka dari diri kalian sendiri? Kalau ada, apa aja dan kenapa?
Pendendam, susah sih sebenarnya buat dendam banget sama orang. tapi karena gak pernah marah langsung dan biasanya di tabung sampe akhirnya si orang bikin kesalahan udah kelewatan dan duaarrrr.... datang lah si dendam. Dan masa-masa ini benar-benar bikin capek karena setiap apa aja yang terjadi pasti jadi inget . Pokoknya ini masa-masa paling nyebelin dan bikin capek.

10. Apa mimpi dalam sebuah kehidupan itu penting, gak? Kenapa?
Penting dong, Karena manusia tidak akan mengambil waktu tidur untuk beristirahat sejenak jika tidak ada yang namanya mimpi. Mungkin mimpi merupakan sandaran dan motivasi yang membuat manusia bertahan dan hidup.

11. Sebutkan 7 hal menurut kalian paling melekat dengan nama Pertiwi Yuliana/ Yuliana Bakti Pertiwi?
Handphone, WhatsApp, Blogger, JB, Diem di dunia nyata, Berisik di dunia maya, dan tak terdefinisi (Sebutan dari si kakak buat gue, tomboy kagak, feminim apalagi....)

Eleven Random Facts About MySelf? Check this....
  1. Tak terdefinisi, si uni sering banget bilang gini "Kamu tu ya tomboy gak, feminim apalagi". begitulah nasib jadi satu-satunya cewek aneh di antara cewek-cewek modis di rumah.
  2. Pengen banget punya kakak cowok karena sudah terlalu lelah punya dua kakak cewek yang Kepo-nya sesuatu banget. Tapi disamping itu, punya dua uni yang luar biasa menyenang kan karena walaupun saya rada-rada ngaco tetap punya dress, parfum, dan lip gloss gratisan dari si uni yang bete ngeliat adek nya kucel kayak tukang parkir.
  3. Si sulung yang dari kecil hidup sebagai si bungsu. Itulah jawaban kenapa saya childish banget dan sering lupa kalau sebenarnya punya adek.
  4. Suka keteraturan, suka banget ngebongkar barang-barang trus di tata ulang bisa berdasarkan warna, ukuran, ataupun kesamaan lainnya
  5. Suka beli sesuatu yang gak penting, nyampe rumah baru kepikiran "Ini buat apa ya".. Tapi dibalik semua itu, paling jago kalau di suruh ngontrol temen yang boros belanja. Emang bener pepatah yang mengatakan "Mengontrol diri sendiri itu jauh lebih sulit"
  6.  Sampe hari ini masih berharap bangun dan menemukan kalau saya adalah seorang penyihir #HarryPotterSyndrome
  7. Pengen banget jadi dokter hewan yang ngurusin satwa liar di kehidupan in-situ (bukan kebun binatang dan sejenisnya)
  8. Hampir gak suka semua hal yang tayang di Televisi Indonesia, tapi masih tetap nonton buat jadi komentator dan jadi bahan tertawaan.
  9. Saya suka menulis surat, lebih banyak surat tak terkirim yang dijadiin koleksi. Terkadang bete atau lagi seneng sama orang lain dan gak mungkin disampein, bisa disampein melalui surat.
  10. Pengen punya uang banyak, waktu luang yang banyak, dan kesempatan yang banyak untuk menjelajah.
  11. You know? Saya gak suka kucing peliharaan, tapi kagum berat sama harimau dan suka banget main sama anakan harimau di zoo.
     
Dan, sekarang tiba saatnya bagi saya memberi nominasi kepada "11 blogger Liebster Award versi Feby Yolanda", 
  1. Rahman Yusuf
  2. Vira Elyansyah
  3. Dieqy Dzulkqaidar
  4. R Endah Siti Maryam
  5. Qona Asidiqiah
  6. Azzura Lhi
  7. Rama Septiawan 
  8. Yoni Elfiandri
  9. Amalia Khusnul Khotimah
  10. Talitha Khairunisa
  11. Lucky Agung Iskandar
Selamat untuk kalian semua. Dan ini adalah 11 pertanyaan dari saya untuk kalian
  1. Sebutkan 1 kata sifat yang menggambarkan diri kalian secara utuh?
  2. Akan jadi seperti apa kalian 10 tahun dari sekarang?
  3. Apa impian terbesar dalam hidup kalian yang belum tercapai?
  4. Jika reinkarnasi memang benar ada, di kehidupan selanjutnya kalian ingin menjadi "apa" dan seperti "apa"?
  5. Apa yang ingin kalian tulis di blog, yang hingga hari ini masih belum dituliskan atau masih tersimpan di draft?
  6. Sampai kapan kalian akan menulis di blog yang kalian miliki saat ini? 
  7. Liburan tapi gak punya uang atau sekolah/kuliah tapi di kasih uang saku?
  8. Karena masih dalam suasana kampanye pilpres, orang seperti apa yang kalian harapkan untuk memimpin negeri ini?
  9. Jika suatu hari kalian berkesempatan menjadi presiden, Kalian ingin menjadi seperti siapa? (Diantara 6 presiden Indonesia; Soekarno, Soeharto, Habibie, Gusdur, Megawati, SBY)? Dan kenapa?
  10. Ingin hidup di masa penjajahan Belanda atau kehidupan saat ini? Kenapa?
  11. Apa rahasia terbesar dalam hidup kalian? 
 Alhamdulillah, saya telah berhasil menyelesaikan tantangan dari Ailsa Fathir Humaira, kak Siti Nurjanah, dan Pertiwi Yuliana. Mohon maaf jika jawaban saya tidak sesuai dengan pertanyaan yang kalian berikan karena apapun jawaban yang saya tulis tidak akan berpengaruh pada perolehan suara pilpres nanti. dan untuk 11 sahabat blogger yang saya pilih, "Selamat menjawab dan maafkan saya jika 11 pertanyaan yang saya tulis terlalu pasaran" dan sistem kerja Liebster Award bisa kalian baca di salah satu foto diatas.
Selamat teman--teman

7 komentar:

  1. Gilaaa dapat lagi ini award... Haha terima kasih bie... Tapi, nganu.. PERTANYAAN LO BIKIN GUE BINGUNG MAU JAWAB APA.. Aslikkkkkkkk... Haha.. smoga bisa terjawab deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahaaaaa.....
      dan elo lebih sialan lagi karena nge tag gue balik :P
      ntaran aja dijawabnya yaaa
      lagi sibuk ;)

      Hapus
  2. Wah jawabnya langsung triple gitu ya...
    Btw, semoga cepet kelar skripsinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ni, udah 3 liebster kualat kalau gak di jawab2...
      Amin,,, ini lagi kejar tayang doain bisa kelar sebelum lebaran :)
      Thx y udah mampir

      Hapus
  3. Setuju banget nih sama "Live your life with passion." Penting banget, karena ketika kita doing all of things dan nggak pake passion itu.... setengah-setengah juga hasilnya. Nggak maksimal, nggak enak di hati. Tsaahhhh.

    BalasHapus
  4. Untuk Feby..
    Terima kasih atas awardnya. Ciee yang ngasih award ke qona asidakiah :))))

    BalasHapus
  5. Anjir menulis adalah skripsi. Langsung males baca bawahnya -___-

    BalasHapus