Minggu, 27 Oktober 2013

Jurnal 75, NO SUAP bersama #PLNBersih

“Hukumnya haram kasih uang tip, uang rokok bahkan uang makan, uang apapun ke petugas PLN yang melayani masyarakat baik pasang listrik, ada kerusakan kabel PLN di rumah pelanggan, kami mohon jangan,” ujar Bambang Dwiyanto, Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN dalam acara Blogger dukung PLN Bersih
Suap dan korupsi sudah jadi makanan sehari-hari di negeri ini. Banyak tokoh dari berbagai lembaga diberitakan dan terbukti melakukan korupsi. Tapi negeri kita tidak seburuk itu, masih banyak tokoh-tokoh pemerintah, masyarakat biasa, dan lembaga yang berusaha untuk menjauh dari suap dan korupsi. Salah satunya adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang sejak dicanangkan UU No.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik telah meningkatkan transparansi perusahaan dan membentuk perangkat pelayanan informasi publik.

Senin, 21 Oktober 2013

Jurnal 74, Ingin Menjadi Seperti Ibuku

Salah satu dosen Embriologi dan Genetika di kampus pernah bilang "Kalau mau punya anak pintar maka cari calon ibu yang pintar". Pastinya para kaum adam gak terima dong, tapi dalam ilmu embriologi, sel telur yang berperan banyak dalam perkembangan seorang manusia mengingat sel sperma hanya menyumbangkan materi genetik pada keturunannya.
Menurut saya genetika tergolong "potensi", kalau dalam ilmu matematika mungkin disebut "peluang".Lalu, faktor apa yang berperan penting dalam pribadi seorang anak? Jawabannya adalah "Lingkungan". Ketika duduk di sekolah dasar tentunya kita masih ingat mempelajari perkembangan sosialisasi seseorang, mulai dari keluarga hingga ke negara.
ibu cantik berpotensi punya anak yang cantik
ibu yang pintar anaknya berpotensi pintar

Rabu, 16 Oktober 2013

Jurnal 73, Tips memilih hewan kurban

Tahun ini adalah kesempatan kesempatan ke-4 bagi saya dan teman-teman satu angkatan untuk bertugas dalam pemeriksaan hewan dan daging kurban.Banyak hal yang saya dan teman-teman pelajari selama bertugas yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Misalnya tempat pembuangan darah dan isi perut hewan kurban, berapa luas jangkauan penyakit yang tersebar apabila darah hewan kurban dibuang sembarangan misalnya pada aliran sungai. Selain itu, perlakuan terhadap hewan yang akan disembelih. Pada musim kurban seperti saat ini, sering kali kita melihat hewan kurban dijajakan di pinggir jalan atau hewan yang ditambatkan pada halaman mesjid tanpa perlindungan dari panas matahari dan hujan. Hal-hal sederhana seperti itu bisa berakibat pada pengurangan kualitas daging dan organ dari hewan tersebut. Hewan yang dijajakan di pinggir jalan akan bisa mengakibatkan paru-paru memiliki bercak hitam akibat terlalu banyak menghirup polusi udara. Dan yang sering terlupakan adalah masalah kesejahteraan hewan atau Animal Walfare, hewan yang akan disembelih sering kali memberontak akibat kesalahan handling atau hewan yang belum disembelih menyaksikan hewan lain yang sedang disembelih atau dikuliti. Nah, pada kondisi ini coba tempatkan kita pada posisi hewan kurban, tentunya kita akan panik dan bisa mengalami stress. Hewan yang disembelih dalam kondisi stress biasanya memiliki kualitas daging yang lebih rendah.