Senin, 09 September 2013

Jurnal 71, Desa emas itu namanya Sawarna...

"Kenapa pilih Sawarna? Anyer keseringan, Pelabuhan ratu terlalu mainstram, Pangandaran kejauhan kalo dari Jakarta." (Valiant Budi dalam Kala Kali)
Menyenangkan sekali berada di sebuah tempat yang tidak diketahui banyak orang. Mungkin ini gejolak perasaan bule-bule Eropa itu saat menemukan kebun rempah-rempah di Indonesia" (Valiant Budi dalam Kala Kali). Terlalu banyak kalimat indah yang mengundang para sahabat petualang untuk mengunjunggi Desa Sawarna, sebuah desa emas di ujung barat pulau jawa. Sebuah desa yang saat ini sering disebut dengan 7 wonders nusantara. Keindahan terumbu karang di pantai tanjung layar, Sunrise di pantai laguna pari, dan keindahan penuh misteri di goa lalay.
Sumber disini
Desa sawarna merupakan salah satu tujuan wisata favorit di kabupaten Lebak yang terkenal dengan suasana alam pedesaan yang agraris. Pada zaman penjajahan Belanda kawasan ini merupakan pusat perkebunan kelapa yang diolah menjadi kopra dan minyak kelapa. Kemudian pada masa penjajahan Jepang kawasan ini dijadikan lokasi penambangan emas. Inilah awal mula desa ini diberi nama sawarna yang berasal dari kata suarna dalam bahasa sanskerta yang berarti emas.
Eksotis, indah, dan lengkap. Tiga kata yang bisa menggambarkan salah satu dari 7 wonders nusantara ini. Eksotis dengan keindahan pantai dan kehalusan pasirnya. Keindahan yang tiada tandingan dari tatanan terumbu karang dan ombak samudera hindia. dan tidak hanya wisata maritim, para sahabat yang memiliki jiwa petualang tidak akan lupa untuk mengunjunggi wisata goa yang indah namun penuh misteri.

Pantai Tanjung Layar, Sumber disini
Belum ke sawarna jika tidak mengunjunggi pantai tanjung layar. Dua buah batu karang besar menyerupai benteng menjulang berdampingan di dekat pantai, sekilas terlihat menyerupai kapal layar. Para petualang yang mengunjunggi pantai tanjung layar akan menikmati berenang diantara karang-karang kecil yang menyerupai gugusan pulau. Dua batu karang besar ini yang berfungsi untuk melindunggi sahabat yang berenang di tepi pantai dari kuatnya ombak samudera hindia.

Pantai Ciantir, Sumber disini
Pantai ciantir juga disebut pantai sawarna. Nah, Pantai ciantir merupakan lokasi yang tepat untuk para sahabat yang memiliki hobi berselanjar di tengah gulungan ombak. Selain populer dengan kekuatan ombak dan menarik minat para sahabat peselanjar pantai ciantir juga terkenal dengan keindahan pasir putih yang padat dan kering sepanjang 3 km. Keindahan pantai ciantir menarik banyak wisatawan yang melakukan aktivitas berjemur, sepak bola pantai, voli pantai, atau sekedar berjalan di sepanjang pantai ini. Pantai yang terletak di sebelah selatan desa wisata ini juga menjadi tempat favorit bagi sahabat yang menanti detik-detik menjelang terbenamnya matahari (sunset).
 Pantai Laguna Pari, Sumber disini
Jika pantai ciantir terkenal dengan keindahan matahari terbenam, maka keindahan munculnya sang surya terdapat di pantai laguna pari. Para sahabat yang berkunjung ke desa sawarna selalu menyempatkan diri bangun lebih pagi dan datang ke pantai laguna pari untuk menyaksikan fenomena alam yang tak pernah absen ini. Walaupun selalu hadir menemani pagi kita, tentunya sunrise di laguna pari memiliki kelebihan tersendiri. So, tunggu apalagi untuk datang dan berpetualang di desa emas ini.

Desa sawarna tidak hanya memberikan keindahan pantai dan samudera hindia bagi para sahabat yang berkunjung. Desa emas juga memberi tantangan bagi para sahabat yang ingin berpetualang di dalam kegelapan, kelembaban udara, dan kemistisan wisata goa. Ada dua goa yang paling terkenal di sawarna yaitu goa lalay dan goa langir.
Sumber disini
Goa Lalay, Sumber disini
 Untuk mencapai goa lalay, para sahabat akan menikmati keindahan wisata agraris dengan melewati daerah persawahan. Jadi, sebelum berpetualang di goa, para sahabat bisa menikmati keindahan rumah-rumah pedesaan nan asri dan keramahan masyarakat desa sawarna yang akan pergi berladang. Tantangan pertama yang akan dihadapi di goa lalay adalah melewati sungai selutut atau bisa lebih tinggi lagi ketika air pasang. Setelah melewati rintangan ini, para sahabat akan disuguhkan keindahan stalaktit di ruang utama goa yang seolah menjadi lampu gantung yang mengerucut. Kenapa diberi nama goa lalay? lalay, berasal dari kata kelelawar, hewan yang menjadi penunggu goa ini, yang selalu mewarnai petualangan para sahabat yang berkunjung ke goa. Konon katanya ada goa tersembunyi di desa sawarna yang menyimpan harta karun peninggalan jepang. Nah, para sahabat yang memiliki jiwa petualang bisa memasuki goa hingga keujungnya siapa tau bisa menemukan harta karun peninggalan jepang tersebut.

Goa langir Sumber disini
Goa langir memiliki lokasi yang tidak terlalu jauh dari pantai yang memiliki nama sama. Untuk mencapai kawasan ini lebih sulit karena pantai dan goa ini termasuk yang jarang dikunjunggi para wisatawan. Ombak dipantai ini cukup besar, mungkin karena lokasinya lebih ke barat dan sedikit daratan sehingga ombak dari samudera hindia menghantam lebih kuat (Oke, ini adalah analisis sok tau si calon petualang jadi jangan terlalu dipercaya. Jika para sahabat berpetualang di salah satu situs search engine terkenal di dunia, maka sahabat akan menemukan sebuah ceruk kecil yang mungkin merupakan pintu masuk goa. Goa langir termasuk kawasan yang paling jarang di eksplorasi oleh para petualang mungkin karena lokasi yang lebih jauh dan belum banyak referensi tentang goa ini. Pikiran bodoh yang ada di otak saya saat ini adalah, mungkin disinilah tersimpan semua harta karun peninggalan jepang itu. Entahlah! Tidak ada yang tau apa yang tersembunyi di kedalaman goa yang oleh beberapa petualang disebut the hidden paradise.
Jadi, tunggu apalagi?? Ayo persiapkan rencana perjalanan, perlengkapan outdoor dan keselamatan, serta perlengkapan dokumentasi dan berpetualang ke Desa Emas, Desa emas itu namanya Sawarna...
Pada tahun 2012 lalu, Daihatsu mengadakan Terios 7 Wonders Sumatera Coffee Paradise di Swarnadwipa atau Pulau Emas. Dan tahun ini daihatsu mengundang para sahabat petualang untuk menulis dan menginformasikan tentang 7 wonders nusantara. Mungkin 7 wonders nusantara belum bisa menggambarkan keindahan Indonesia secara keseluruhan tapi ini lah langkah awal bagi para sahabat untuk lebih memperkenalkan Indonesia, Indonesia gak cuma Bali looo...Dan desa emas ini, desa sawarna merupakan salah satu keindahan nusantara yang disebut 7 wonders bersama Desa Kinahrejo Merapi, Tengger Bromo, Ombak Plengkung Alas Purwo, Desa Sade Rambitan Lombok, Dompu NTB, dan Pulau Komodo.
"The New Terios, Discover The Next Adventure" Siap menemani petualangan sahabat di 7 wonders nusantara

22 komentar:

  1. Selamat ya udah jadi finalis. Artikelnya bagus banget cuma saran ingsun, sebaiknya sumber gambar langsung disebutin hindari kata 'disini' (coba deh liat situs-situs besar macam kompas atau detikcom).
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih masukannya...
      iya nulisnya di injury time jadi kejar2an sama waktu ktk nyari sumber gambar..
      thanks again masukannya :)

      Hapus
  2. Salam kenal Mba Feby,

    Kebeneran punya hobi nulis topik yang sama. Selamat ya sudah terpilih jadi finalis, aku tahu blog Mba dari pengumuman di blogdetik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mbak Gina..
      Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya..

      Hapus
  3. Balasan
    1. salam kenal mas rahmad, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

      Hapus
  4. Selamat ya mbak.... Boleh bagi resep suksesnya dong....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih...
      Wah, saya binggung mau jawab apa...
      Yang penting ngasih tulisan terbaik di setiap postingan

      Hapus
  5. Selamat ya, masuk 25 finalis gathering :))

    BalasHapus
  6. Selamat and salam kenal. Sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung..
      salam kenal

      Hapus
  7. Salam kenal dan sukes Anda layak masuk final

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal..
      terima kasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  8. Selamat atas terpilihnya sebagai 25 finalis! Sukses!

    BalasHapus
  9. Jadi pengin ke TKP nih...kayaknya asyik banget ada sawah, gua, pantai......trim infonya

    BalasHapus
  10. artikel yang menarik mbak. selamat ya jadi finalis.

    BalasHapus
  11. Artikelnya bagus, enak dibaca serasa lagi baca sebuah buku berkelas. Selamat udh jadi finalis, semoga sukses selalu

    BalasHapus
  12. Selamat ya udah jadi finalis. Artikelnya bagus dan kren saran sumber gambar disebutkan, thanks

    BalasHapus
  13. Selamat ya udah berhasil masuk dalam 25 finalis...
    Bagi-bagi donk tips suksesnya... biar kita yang masih newbie ini bisa ikutan kontes juga...

    BalasHapus
  14. Hi, mohon ijin berbagi informasi ya… Yuk ikutan #ZockoUnlocked Blogging Competition berhadiah iPhone 5S atau iPad Mini! Untuk info lengkap silakan kunjungi http://weare.zocko.com ya dan jangan lupa sign up di http://www.zocko.com terlebih dahulu! Kami tunggu ☺

    BalasHapus