Sabtu, 26 Januari 2013

Jurnal 46, Untuk Angkatan 46

X : Angkatan Berapa?
Y : 46
X : Pasti Kuliah di IPB
Y : Kok Tau?? #Binggung

Percakapan diatas tidak terkategorikan gombalan yang lagi nge-trend saat ini, namun menggambarkan percakapan antara anak IPB dan mahasiswa universitas lain (yang sering gaul sama anak IPB). Ketikaanak IPB menjawab nama angkatannya, reaksi orang-orang adalah binggung atau langsung tau 'Lo anak IPB ya??'. Why?? Ya... Penomoran angkatan di IPB tidak sama dengan universitas lain yang tahun angkatan merupakan tahun masuk ke universitas. Penomoran angkatan di IPB berdasarkan pada umur IPB ketika mahasiswa bergabung ke (dulunya) institut ini. Contohnya, saya adalah mahasiswa IPB angkatan 46 karena pada saat saya masuk IPB di tahun 2009 IPB merayakan dies natalis yang ke-46. Dan Kenapa harus ada postingan ini?? karena ketika akan menulis postingan lain dan ketika saya menuliskan 'Jurnal 46', saya merasa hanya postingan ini yang pantas ditempatkan pada judul 'Jurnal 46'. 

Setelah menyelesaikan Tingkat Persiapan Bersama (TPB) seperti mahasiswa fakultas lainnya kami wajib ikut di Masa Perkenalan Fakultas (MPF) dan Masa Perkenalan Departemen (MPD). Khusus untuk mahasiswa FKH, MPF dan MPD disatukan dalam suatu kegiatan yang dikenal Introduce of Veterinary atau terkenalnya INTROVET. Saya gak bisa membayangkan kalau kebijakan di KH disamakan dengan Fakultas lainnya, dimana mahasiswa wajib mengikuti Masa Perkenalan Departemen. Sebelum menjelaskan kenapa, saya akan sedikit bercerita tentang fakultas ini. Fakultas Kedokteran Hewan terdiri atas tiga departemen, yaitu Departemen Anatomi, Fisiologi, dan farmakologi (AFF), Departemen Klinik, Reproduksi, dan Patologi, dan Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesmavet (IPHK). Karena mahasiswa wajib mengambil mata kuliah di seluruh departemen, bayangan saya apabila kami harus memiliki 3 Masa Perkenalan Departemen adalah mati dan bermasalah (tidak penting untuk dibahas)

Paragraf diatas hanyalah uneg2 gak penting dari seorang Feby Yolanda, uneg2 pentingnya adalah terkait inagurasi dan nama angkatan. Tugas pertama angkatan baru adalah melaksanakan kegiatan inagurasi, bahasa awamnya adalah syukuran (ketika masuk ke lingkungan baru, pastinya kita perlu kenalan dengan tetangga sekitar dong). Sebenarnya inagurasi lebih tepat disebut launching nama angkatan. Fakultas saya yaitu Fakultas Kedokteran Hewan memiliki hal spesial lainnya terkait angkatan.Setiap angkatan di FKH memiliki nama tersendiri, nama yang dipilih berdasarkan kata yang dekat dengan dunia kedokteran hewan. Penamaan gak bisa sembarangan, nama yang dipilih harus memiliki arti sendiri yang mencerminkan angkatan tersebut. Sebelum nyari nama ada satu persyaratan yang gak bisa dilanggar untuk penamaan. Syaratnya adalah inisial "G" untuk angkatan genap dan inisial "A" untuk angkatan ganjil (jangan tanya saya, apa dasar aturan ini karena sejak tahun 2010 saya bergabung di FKH aturan ini sudah ada).

Karena 46 adalah angka genap otomatis kita harus searching nama dengan inisial "G". Saya masih ingat awalnya nama angkatan kita adalah Golden fish (lupa alasannya), tapi ditolak karena nama dalam bahasa inggris harap dihindari. dalam perjalanan menuju inagurasi banyak nama yang bermunculan hingga akhirnya FKH 46 dinamakan Geochelone.

Dari om wiki Geochelone tortoises, which are also known as typical tortoises or terrestrial turtles, can be found in Africa and Asia. They primarily eat plants. Ya, geochelone adalah penyu. 


Catatan: 
* Tentang penomoran angkatan, serunya adalah saat vetvaganza (temu alumni FKH) ada angkatan minus looo. Angkatan minus merupakan dokter hewan lulusan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Indonesia (yang akhirnya pada tahun 1963 menjadi Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor)
*Nama angkatan yang lain (copy paste dari notes facebook kakak kelas yang niat dan sangat rajin menelusuri nama bersejarah dibawah ini)

1 ???
2 ???
3 ???
4 ???
5 ???
6 ???
7 ???
8 ???
9 ???
10 Jagoer
11 ???
12 Gempa
13 Mikroba
14 ???
15 Antiseptic
16 Gelatin
17 Abortus
18 Genesis
19 Anggora
20 Genotif
21 Amputasi
22 Galenica
23 Apertura
24 Gradivitas
25 Anterior
26 Germinativum
27 Axis
28 Genitalis
29 Aorta
30 Gemellus
31 Amoeba Proteus
32 Geniculum
33 Aves
34 Genetika 21
35 Avertebrata
36 Gamet
37 Appidae
38 Gastro
39 Arthropoda
40 Gymnolaemmata
41 Asteroidea
42 Goblet
43 Aesculapius
44 Gianuzzi
45 Avenzoar
46 Geochelone
47 Acromion
48 Gangglion

0 komentar:

Posting Komentar