BRIMO, Layanan dan Digitalisasi BRI untuk Masyarakat

Apakah saya pengguna BRI?

Yes! dan alasan saya menggunakan BRI gak muluk-muluk, hanya alasan sederhana karena saya digaji melalui rekening BRI. yang harusnya jadi pertanyaan adalah layanan apa yang saya harapkan dari BRI?




Perubahan hidup yang sangat signifikan setelah pandemi COVID-19 yang berlangsung selama 2 tahun mendorong banyak perusahaan dan bidang usaha untuk melakukan perubahan sistem secara cepat. Perkembangan teknologi dan informasi membuat banyak perubahan dalam pola hidup masyarakat. Kehadiran pandemi Covid-19 dengan kebiasaan hidup barunya memberikan dukungan menuju perubahan digital yang diharapkan oleh masyarakat saat ini.

BRImo merupakan layanan satu pintu produk digital BRI yang dapat digunakan oleh nasabah ataupun non-nasabah BRI. Bagi non-nasabah BRI aplikasi BRImo dapat digunakan untuk membuka rekening BRI dan selanjutnya dapat menggunakan semua kemudahan nasabah dalam aplikasi tersebut. Tujuan pengembangan aplikasi BRImo tentu untuk mengikuti perkembangan teknologi dan pergeseran habit nasabah.


Transaksi melalui aplilasi BRImo menghadirkan user experience terbaru melalui fitur login face recognition, login fingerprint, top up GoPay, dan pembayaran QR dengan source of fund/ sumber dana dari rekening tabungan/ rekening giro. Selain itu melalui 1 aplikasi kita dapat menautkan beberapa rekening BRI dan melakukan pengelolaan keuangan melalui aplikasi yang sama.


Keunggulan Aplikasi BRImo paling menarik adalah catatan keuangan untuk memudahkan nasabah dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran. Aplikasi sejenis biasanya berbayar atau jika kita ingin menggunakan aplikasi keuangan yang bersifat gratis cukup menyulitkan karena harus menginput beberapa formula dan rumus. Kekurangan catatan keuangan BRImo adalah kita harus menginput pengeluaran secara manual karena aplikasi tidak automatis menambahkan pengeluaran yang kita lakukan saat melakukan transfer, top up uang elektronik, atau pembayaran melalui QRIS. Saya pikir alasannya mungkin agar nasabah memahami dan dengan sadar saat akan memanfaatkan fitur catatan keuangan dan jika tidak ingin menggunakan nasabah tetap bisa melihat pengeluaran dan pemasukan melalui fitur mutasi rekening atau e-statement. Selain memudahkan nasabah, BRImo dan segala fiturnya ikut serta dalam pencegahan krisis iklim dengan mengurangi penggunaan kertas.

Fitur apa saja yang dilayani BRI melalui BRImo?
Banyak!


Fitur yang disediakan pada aplikasi BRImo terdiri atas beberapa kategori sebagai berikut:
  • Laporan Keuangan: Catatan Keuangan dan Mutasi
  • Transfer dan Tarik Tunai: Konversi Valas, QR Dagang, Setor Tunai, Tarik Tunai, Transfer, dan Transfer Internasional
  • Top Up: BRIZZI, Dompet Digital, dan Pulsa/ Data
  • Tagihan: Asuransi, BRIVA, Cicilan, Kartu Kredit, Listrik, Pascabayar, PDAM, Pendidikan, SNPMB, Telkom, dan TV Kabel
  • Investasi: Brights, Deposito, DPLK BRI, e-SBN, dan RDN
  • Iuran dan Donasi: BPJS dan Donasi
  • Perjalanan: KAI, Travel
  • Pajak dan Retribusi: Pajak PBB dan Penerimaan Negara
  • Produk BRI: Ceria, IBBIZ, Jadi Merchant, Kartu Kredit BRI, Pinjaman BRI
  • Produk BRI Group: Buka Tabungan Raya dan Gadai Kendaraan
Digitalisasi BRI tidak hanya memberikan kemudahan bagi perorangan. Dalam menjalankan komitmennya sebagai pahlawan UMKM, BRI juga memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM untuk mengajukan pinjaman secara daring melalui aplikasi BRImo. Pelaku UMKM dapat mangajukan pinjaman kredit investasi yang ditujukan untuk memberikan modal bagi perorangan atau badan usaha untuk mendanai pengembangan usahanya atau kredit modal kerja yang merupakan fasilitas untuk membiayai operasional usaha termasuk kebutuhan untuk pengadaan bahan baku, proses produksi, piutang, dan persediaan. Untuk mengajukan pinjaman pelaku UMKM harus menyiapkan scan dokumen dan mengunggah dokumen tersebut melalui aplikasi dan akan diverifikasi oleh tim BRI kemudian pinjaman dapat dicairkan dan pembayaran akan autodebet melalui rekening BRI milik nasabah.


Yang namanya debet ataupun kredit merupakan hal yang lumrah dan udah biasa di dunia perbankan. Tentunya sebagai nasabah selain bunga tabungan atau deposito kita harus memperoleh banyak keuntungan melalui promosi dan kerja sama brand yang diberikan. Selain melalui sosial media bri, kita dapat menemukan banyak voucher dan cashback yang diberikan oleh BRI untuk nasabah. 


Karena diriku orangnya suka kerjaan. Misalnya beli kopi disalah satu brand di hari senin bisa beli 2 jenis gelas kopi dengan kode promo mereka kemudian di double combo bayar pake QRIS BRImo dan dapat potongan tambahan Rp. 8.000,-.

So...
Jangan males baca promo pembayaran karena kita bisa jauh lebih hemat!
Jangan males cari promo di sosmed BRI atau lewat BRImo juga boleh


Jika dalam hatimu bertanya-tanya, semua kemudahan ini buat orang kota dan sama sekali gak relate dengan nasabah di pedesaan. Tenang yeoreobun, saat ini bikin rekening BRI Simpedes juga udah bisa via aplikasi BRImo dan kalau ternyata susah internet BRI juga menghadirkan BRILink untuk memudahkan seluruh nasabahnya. Yap.. semua ini karena BRI untuk Indonesia.

Walau BRI dan BRImo hadir dengan segala kemudahan ini, tapi kita tetap harus waspada dan memperhatikan cara aman bertransaksi perbankan secara digital ya.

Tulisan ini diikutsertakan pada BRI Write Fest

You May Also Like

0 Comments