Jumat, 12 Juli 2013

Jurnal 59, Pentingkah Ngabuburit itu?

Pentiiingggg.....
Sebenarnya Ngabuburit itu apa sih???
Nah, hasil searching dan kopas dari Anang's Blog ternyata ngabuburit berasal dari bahasa Sunda. Burit artinya waktu menjelang malam hari atau waktu Maghrib. Jadi ngabuburit selama bulan puasa ini adalah menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu adzan magrib datang, yaitu saat berbuka puasa. Sungguh memalukan untuk orang yang sudah lebih 4 tahun tinggal di tanah sunda yang baru hari ini tau ternyata ngabuburit itu berasal dari bahasa Sunda. 


Sebenarnya penting gak sih menghabiskan waktu menjelang magrib?? Ya, pentinglah kalau waktu menjelang magrib berhenti dan kita tidak mengerjakan apapun itu artinya waktu hidup di dunia telah berakhir. So, menurut saya apapun yang kita kerjakan menjelang magrib (berbuka puasa) disebutnya Ngabuburit.

Ngabuburit dari masa ke masa....
Masa TK: seingat saya, ketika masa ini belum terlalu mengerti makna puasa.. Jadi mungkin ketika masa itu saya menghabiskan waktu menjelang beduk magrib dengan duduk manis di depan meja makan dan menghabiskan masakan untuk berbuka puasa di rumah..

Masa SD: Nah, ini adalah masa-masa terberat untuk melakukan ibadah puasa. ketika mulai belajar berpuasa dari yang setengah hari sampe Full Day, ketika semua orang di rumah berusaha menyemangati saya untuk berpuasa dan mengalihkan perhatian dari berbuka puasa sebelum waktunya. Jam-jam Ngabuburit dihabiskan dengan tidur siang biar puasanya gak terasa dan jalan-jalan ke pasar bedug untuk mencari tambahan makanan untuk berbuka puasa.

Masa SMP-SMA: Masa-masa ababil dimana aktivitas sosial bersama teman-teman meningkat drastis. Kegiatan ngabuburit yang dulunya jalan ke pasar bedug bareng mama/papa/nenek/ngoh/kakak berubah jadi jalan bareng teman-teman atau berbagai aktivitas buka puasa bersama di luar.

Masa Kuliah: Di tahun pertama kuliah Ngabuburit adalah masa menggalau, homesick stadium 4 akibat merindukan rumah, masakan rumah, dan jajanan kampung halaman. Dan akhirnya Ngabuburit adalah kegiatan mencari menu buka puasa di Bara (Anak IPB pasti tau) yang mendadak rame karena semua orang mencari menu makan pada jam yang sama atau kalau lagi ada ekstra dana Ngabuburit adalah jalan-jalan ke Mall dan berbuka puasa di tempat yang lebih baik.

Jenis Lain: Penjelasan diatas adalah definisi Ngabuburit secara umum versi Feby Yolanda dan pastinya gak tiap hari ngerjain hal tersebut. Ngabuburit versi lain mungkin ini:
  • Duduk depan Televisi dan nonton sinetron ramadhan yang pada awal 2000-an ceritanya bagus.
  • Main di rumah temen cuma untuk duduk-duduk ngobrol sampe magrib
  • Main game
  • Ngisi TTS
  • Pernah di satu kali bulan puasa saya pernah menghitung tanggal lebaran dari tahun ke tahun, kalau gak salah sih masa ketika lebaran 2 kali setahun. dari perhitungan gak jelas itu saya menemukan formula kalau lebaran 2 kali setahun terjadi setiap 32 tahu satu kali (Tau deh bener apa kagak)
  • Nonton Kultum sebelum berbuka puasa
  • Ngerjain PR atau belajar buat ujian
  • Dan masih banyak kegiatan positif yang bisa mengisi waktu menjelang berbuka puasa. Mungkin di bulan Ramadhan bulan yang penuh berkah ini kita bisa lebih memperbanyak kegiatan positif dan saling berbagi dengan orang yang membutuhkan.
Ngabuburit 12 Juli 2013: Duduk manis depan laptop dan nulis postingan ini untuk ngaBLOGburit dari BlogDetik

3 komentar:

  1. wah, nemu ini di ngaBLOGburit BLOGdetik...
    seru juga nih ikutan,hihi...
    Jadi ngabuburit itu penting, tpi yang penting buka puasa, makaaaaaaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju pake banget kak...
      Buka puasa lbh penting

      Hapus
  2. ngabuburit memang penting untuk merek yang berpuasa
    tapi kayaknya untuk orang yang tidak berpuasa ngabuburit nggak ada artinya

    BalasHapus