Senin, 06 Agustus 2012

Jurnal 37, Ekspedisi I SATLI Part Penetasan Penyu Semi Alami (PSA) Kemujan


Penetasan penyu semi alami terletak di pantai Baracuda Pulau Kemujan. Dalam Kawasan Taman Nasional Karimunjawa terdapat dua tempat Penetasan Penyu Semi Alami yaitu di Pulau Kemujan dan Pulau Karimunjawa. Balai Taman Nasional Karimunjawa bekerjasama dengan masyarakat dalam upaya melestarikan penyu. Masyarakat membantu dengan melaporkan keberadaan telur penyu pada aparat dan telur tersebut akan dipindahkan ke Pusat Penetasan Semi alami.
Identifikasi tempat penyu bertelur dilihat dari jejak penyu dipasir dan pemeriksaan keberadaan telur pada lubang didekatnya. Penyu yang baru menetas disebut tukik. Tukik yang baru menetas memiliki kebiasaan menghadap ke arah matahari yaitu mengarah ke pantai. Tukik dikarantina di dekat pantai sampai memiliki ketahanan yang cukup untuk dilepaskan ke laut.
Terdapat satu penyu yang baru dewasa di Penetasan Penyu Semi Alami Pulau Kemujan. Penyu tersebut memiliki masalah pada salah satu kaki depan sehingga sulit berenang dan tidak dapat menyelam. Tubuh penyu ditumbuhi oleh lumut dengan jumlah yang banyak. Dalam proses membersihkan tubuh penyu dari lumut ditemukan dua ektoparasit yang bentuknya mirip udang dan feses penyu yang akan diperiksa keberadaan telur cacing didalamnya.
Pantai Baracuda termasuk jalur yang dilintasi oleh lumba-lumba dari Australia sehingga saat ini Pantai Baracuda sedang dipersiapkan untuk Program Perlindungan Rehabilitasi dan Pelepasliaran Lumba-Lumba di Indonesia.
Lokasi Penetasan Penyu Semi Alami sangat menarik dan dapat digunakan sebagai mendia pendidikan. Terdapat banyak poster pengenalan dan upaya penyelamatan lumba-lumba dan penyu di sekitar lokasi.


Tempat penetasan Penyu















3 komentar:

  1. Penyu belimbing, kawai..

    Btw pemindahan telur penyu nya apa ga rawan, bukannya telur penyu rapuh banget ya --a

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya penyu lekang kak.

      iya rawan bgt, tapi emang harus ada yang dikorbanin biar aman. coz predator yang memangsa telur penyu banyak.
      kalau di PSA lumayan banyak tukik yang berhasil di tetaskan.

      Hapus
  2. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Bersabarlah dalam bertindak agar membuahkan hasil yang manis.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus