Kembali ke Dunia Fantasi


Sejak pandemi Covid-19 mulai masuk ke Indonesia 13 bulan silam, saya benar-benar jadi anak rumahan. Hobi saya adalah jalan-jalan walau hanya sekedar ngemall atau keliling Jakarta berubah jadi home decor atau sekedar menghabiskan kuota dengan nonton Youtube. Selama 13 bulan tersebut kita mulai beradaptasi dengan segala perubahan yang ada, sehingga sering disebut sebagai era "New Normal". Banyak sekali hal yang harus kita sesuaikan dalam menjalani keseharian untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Pemerintah menggalang program 5M untuk melakukahan pencegahan, yaitu:
  1. Memakai masker;
  2. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir;
  3. Menjaga jarak;
  4. Menjauhi kerumunan; serta
  5. Membatasi mobilisasi dan interaksi.
Program 5 M yang digalangkan pemerintah tentu mengajak seluruh masyarakat dan stakeholder untuk menerapkannya agar pandemi segera berakhir. Mungkin pandemi belum berakhir tapi bagaimana kita bisa menyesuaikan diri dengan kehadiran Covid-19 tetap beraktivitas seperti biasa tanpa menambah tingkat penyebaran penyakit.

Saya tidak banyak melakukan mobilisasi selama pandemi dan sangat selektif dalam mencari tempat untuk berekreasi. Hal pertama yang selalu saya perhatikan adalah penerapan protokol kesehatan yang diterapkan oleh lokasi tersebut. Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke Dunia Fantasi saya sudah melakukan pengamatan terhadap protokol kesehatan yang mereka terapkan. Saya apresiasi untuk pihak ancol telah mengikuti arahan pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan. 

Walaupun sudah memiliki Annual pass saya tidak bisa langsung datang dan berkunjung ke dufan. Setiap pengunjung wajib melakukan reservasi disini. Reservasi dapat dilakukan di website ancol dengan mengisi nomor annual pass atau nomor barcode pembelian tiket. E-mail konfirmasi yang diperoleh akan diverifikasi oleh petugas di gerbang Dufan. Jadi jangan takut akan terjadi overload pengunjung karena orang yang datang hanya 25% dari kapasitas lokasi. 


Saya sangat suka Dufan 

Dunia yang menawarkan wisata terlengkap di Jakarta dan menguji adrenalin yang sulit diperoleh di tempat lain. Banyak hal di Dufan yang memberikan pengalaman berbeda dibandingkan hidup monoton selama 5 hari di kantor. Menurut saya walau capek seharian setelah bermain bisa membuat kita lebih rileks untuk kembali lagi ke rutinitas esok hari. Beberapa wahana yang menurut banyak orang mungkin menyeramkan tapi sesungguhnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Departement of Medical Cardiology, Royal Infirmary, Glasgow (sumber: National Geographic)
  1. Euforia yang ditimbulkan dari permainan yang menantang tersebut diperoleh dari produksi hormon endorfin yang merupakan pemicu rasa senang dan bahagia;
  2. Terkadang saat sedang menaiki sebuah wahana beberapa orang merasakan stress yang berlebihan, biasanya saat dalam kondisi stress tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Untuk orang tanpa penyakit bawaan klasifikasi stress yang diperoleh dari menantang adrenalin tersebut adalah eustress yang merupakan dorongan stress yang memuncukan dampak positif dan menyenangkan.
Sudah berani naik Baling-Baling?
Wahana terbaik yang membawa kita melihat keindahan yang mungkin hanya tampak dari ketinggian 35 meter diatas tanah. Walaupun hanya beberapa detik tapi mampu melepaskan banyak beban yang terasa, saat turun mungkin lelah tapi percaya atau tidak endorfin dan kortisol yang dihasilkan mampu membawa kita dalam kondisi yang lebih rileks. 

"Don’t make friends who are comfortable to be with. Make friends who will force you to lever yourself up.” — Thomas J. Watson

Saya sangat senang ke Dufan dan lebih senang lagi jika pergi bersama teman-teman yang menyukai tantangan (walaupun gak ada yang jagain tas). Tapi dengan pergi bersama teman-teman banyak hal yang akan membuatmu lebih bahagia. Bukankah katanya kalau kita bahagia imun tubuh akan meningkat? Iya sih meningkat, tapi tetap protokol kesehatannya dijaga ya!.

Selain permainan yang menantang, kawasan terbaik di Dufan adalah Dunia Kartun, tempat yang akan membawa kamu ke dunia ajaib yang gak ada duanya. Mungkin kita tidak punya ramuan untuk datang ke Wonderland bersama Alice tapi kita bisa datang ke dunia kartun pada waktu dan cahaya yang tepat untuk mendapatkan foto terbaik. Satu rahasia yang saya tahu adalah kalau sedang pandemi jalan ini sangat sepi dibandingkan musim biasa, jadi gambar yang diperoleh juga lebih bagus.


Sudah siap kembali ke Dufan?

Tentu dong. Tapi jangan lupa untuk menerapkan 5 M karena Dufan sudah menerapkan sistem yang sangat baik. Jadi apa saja yang harus disiapkan sebelum ke dufan:
  1. Tiket reguler/ Annual pass yang bisa dibeli secara online di website ancol;
  2. Jangan lupa resevasi online kalau gak mau balik kanan saat petugas di gerbang Dufan melakukan verifikasi pengunjung;
  3. Bawa masker cadangan karena tiap 4 jam masker yang kita gunakan harus diganti atau mungkin lebih karena kita akan banyak berteriak bahagia saat di Dufan (Terdapat tempat sampah medis di Dufan, jadi jangan lupa buang masker bekas pakai di tempat sampah dengan plastik kuning);
  4. Walaupun Dufan menyiapkan hand sanitizer di tiap wahana, gerbang masuk, dan beberapa spot lainnya tidak ada salahnya kita tetap membawa hand sanitizer dan sabun cuci tangan pribadi;
  5. Dufan menyediakan mushala yang bersih dan menerapkan protokol kesehatan tapi tetap penting untuk membawa perlengkapan shalat pribadi;
  6. Walaupun banyak yang harus dibawa karena saat ini adalah era New Normal tapi hal yang harus ditinggalkan adalah pekerjaan dan masalah lainnya, Take your time and happy!.

Tiket reguler atau Annual pass?

Untuk orang dengan mobilitas tinggi yang hobbi main, saya lebih memilih menggunakan Annual Pass karena saya bisa datang kapanpun ke Dufan selama 1 tahun kedepan (Tapi tetap harus reservasi disini ya). Annual pass Dufan bisa dibeli secara online di website ancol. Pembuatan Annual pass sangat mudah, tidak perlu mengantri di Balai Kota Dufan untuk melakukan pengambilan gambar dan sidik jari. Cukup melakukan registrasi disini dengan mengisi identitas dan foto, setelahnya e-card Annual pass akan dikirim ke email. 
Annual pass dalam bentuk file digital ini sangat baik untuk saya si tukang ngilangin kartu karena e-card akan disimpan lebih aman dan gak akan hilang. Selain mendapat keuntungan gratis 1 tahun ke Dufan, pemilik Annual pass akan mendapatkan banyak keuntungan lainnya seperti: diskon 20% di Bidadari Resort, Diskon 20% Food and Bavarages Dufan (Dekko1, Dekko 2, Basoka, O'Shake, dan Potato Day), Diskon 10% di Restoran Ayam Tepi Laut, Diskon 10% di Restoran Ombak Laut, Diskon 10% Merchandise Dufan, dan yang paling seru adalah mendapat potongan harga di Bandar Djakarta Ancol (My favorite seafood restaurant).


So... Yuk Ngabuburit di Dufan!

You May Also Like

1 Comments