Jumat, 11 Januari 2019

PESONA, Menjelajahi Kuliner Khas Nusantara

Sumber: Amazingzone
Perkembangan komunikasi dalam masyarakat berkembang pesat terutama ketika dikembangkan komunikasi tanpa kabel/ nirkabel. Teknologi Nirkabel berawal pada tahun 1895 oleh Guglielmo Marconi yang mengembangkan teori gelombang radio sehingga bisa mengirimkan pesan telegram pertama untuk melintasi Selat Inggris. Telegram menjadi media komunikasi yang menjadi primadona pada masanya. Selama Perang Dunia Pertama dan Kedua, telegram menjadi salah satu media komunikasi yang mungkin mendukung perdamaian dan mengakhiri perang tersebut. Dan Telegram merupakan cikal bakal perkembangan teknologi komunikasi yang kita rasakan hari ini. Dewasa ini masyarakat Indonesia lebih banyak berkomunikasi dengan menggunakan bantuan media sosial. Perkembangan metode komunikasi dengan bantuan media sosial tak hanya digunakan dikalangan lingkar pertemanan yang saling mengenal di dunia nyata, namun semakin berkembang menjadi pusat perekonomian masyarakat.

Masyarakat Indonesia sudah menggunakan media sosial sebagai pusat transaksi jual beli baik penyedia barang maupun jasa. Kondisi tersebut banyak dimanfaatkan dengan tidak bijaksana oleh beberapa pihak sehingga marak penipuan yang berkedok belanja online. Tingginya permintaan konsumen terhadap barang dan jasa meningkatkan keinginan penyedia untuk memberi kemudahan dan keamanan bertransaksi bagi konsumennya sehingga muncul banyak portal belanja barang dan jasa yang memberikan kemudahan terutama keamanan bagi konsumen selama melakukan transaksi. Portal belanja online lebih dikenal sebagai bisnis e-commerce yang dikelola oleh pebisnis dari berbagai kalangan mulai dari Usaha Kecil Menengah (UKM) hingga pebisnis skala besar. Kedepannya diharapkan e-commerce akan menjadi pusat perekonomian nasional.

Indonesia sebagai Negara dengan jumlah konsumen yang besar dan memiliki banyak kearifan lokal, perkembangan e-commerce sebagai pusat ekonomi berbasis digital mampu mengembangkan banyak potensi sumber daya manusia maupun sumber daya alam Indonesia. Perkembangan e-commerce di Indonesia tidak hanya terkait hubungan antara produsen dan konsumen tapi bisa lebih dari itu. E-commerce mampu meningkatkan perkembangan industri UKM dengan berbagai kearifan lokal dan mepersingkat jarak antar wilayah, melalui hal ini e-commerce turut berperan dalam meningkatkan perkembangan usaha ekspedisi dan pengiriman barang.

Raksasa pengiriman barang nusantara memberikan inovasi dalam mendukung perkembangan UKM oleh-oleh nusantara adalah Pesanan Oleh-Oleh Nusantara (PESONA). Jika selama ini e-commerce banyak berkembang dalam menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari dan jasa transportasi dengan berbagai promosi menarik yang meningkatkan penjualan, mereka berani mengambil jalan berbeda dengan menjadi perantara masyarakat yang ingin merasakan cita rasa oleh-oleh khas berbagai kota di Indonesia. Saya melihat inovasi ini bukan hanya untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan oleh-oleh khas suatu daerah tapi menimbulkan rasa memiliki kekayaan kuliner Indonesia dan mungkin keinginan dari dalam hati bahwa suatu hari dia akan memijakkan kaki di tanah tempat kuliner tersebut berasal.

“Siapapun yang pernah datang ke Kerinci dan meminum air yang berasal dari tanahnya, maka suatu hari dia akan kembali datang untuk berkunjung”
Sumber: Langit Teduh
Saya percaya bahwa mitos ini tidak hanya berlaku di Kerinci saja tapi berlaku di semua tanah di Indonesia. Berawal dari PESONA akan memudahkan dan meperkenalkan produk kuliner terbaik dari berbagai penjuru nusantara, serta meningkatkan perkembangan UKM terutama kuliner dan oleh-oleh khas nusantara.

2 komentar:

  1. alhamdulillah tahun ini ada postingan. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah yaaa

      Tahun 2018 aku posting sekali loooo

      Hapus