Senin, 24 Agustus 2015

Jurnal 106, Paddock Tanpa Kuda

Saya sangat menikmati masa-masa koas di daerah. Diluar lingkungan kampus, dengan tugas yang sama beratnya tapi terasa lebih bahagia. Bertemu orang-orang yang baru saya kenal dan mengenal saya. Belajar hal baru, berinteraksi langsung dengan hewan, dan khusus untuk bagian ini merasakan udara segar pegunungan disertai pemandangan indahnya pegunungan. Saya sedang di menjalani masa koas di Cisarua di kaki gunung tangkuban perahu. 
Saya masih belum tau bagaimana perjalanan koas  daerah 4 bulan berikutnya, tapi entah kenapa saya merasa bagian ini adalah yang terbaik. Selama lebih dari 6 tahun menempuh pendidikan di tanah sunda, berkelana belajar di beberapa tempat tentang sapi dan terutama satwa liar, tidak banyak orang yang akan mengingat nama saya apabila saya kembali lagi. Tapi tempat ini berbeda, saya yakin jika saya kembali 5 atau 6 tahun nanti mereka semua akan mengingat nama saya. Mungkin ini hanyalah hal sederhana, tapi dalam salah satu buku yang pernah saya baca bahwa namadan tanggal lahir adalah sesuatu yang harus kamu ingat tentang orang lain.

Sabtu, 22 Agustus 2015

Jurnal 105, Borneo Wild Adventure

Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman 
(Kolam Susu - Koes Plus)
Borneo, salah satu impian masa depan saya. Salah satu pulau terbesar di Indonesia dengan kekayaan alam yang tak terhingga, dari dalam perut bumi hingga ekosistem yang hidup di permukaannya. Sebagai seorang calon dokter hewan saya memiliki minat di bidang konservasi dan satwa liar, hal ini yang memotivasi untuk menjadi bagian dari penyelamatan hutan Kalimantan dan kehidupan liar di dalamnya.
Hutan Kalimantan dengan berbagai satwa endemik Indonesia dalam satu atau dua tahun kedepan akan menjadi rumah kedua untuk saya. 

Minggu, 09 Agustus 2015

Jurnal 104, Holiday....

Horeeee......
Akhirnya masa yang paling gue tunggu di PPDH (Pendidikan Profesi Dokter Hewan) akhirnya datang juga. Masa yang paling ditunggu oleh para calon dokter hewan adalah koas putaran 3 atau lebih dikenal dengan koasda (koas daerah).
Kami para mahasiswa PPDH (atau sering di sebut Pura-Pura Dokter Hewan) akan disebar ke berbagai wilayah untuk (mencoba) mempraktikkan ilmu yang telah kami peroleh selama pendidikan sarjana dan kegiatan PPDH dalam kampus.

Nah....
Mengingat jadwal koasda tidak sepadat jadwal koas dalam kampus, gue akan berusaha untuk kembali menjadi blogger aktif yang akan menulis coretan di halaman ini.