Jurnal 95, The Memorable Moment, DUFAN

Tips (1) liburan di Dunia Fantasi (DUFAN):
  1. Berkunjung di hari kerja, Dufan serasa punya sendiri kalau kita berlibur pada saat weekday. Tanpa ngantri dan bisa menikmati wahana sepuasnya.
  2. Namanya juga kerja, kalaupun tidak bisa datang ketika weekday, hindari kunjungan di libur panjang terutama natal dan tahun baru. Walaupun tidak menguranggi euforia saat menikmati wahana, tapi kita pasti akan berpikir ulang untuk mengantri dan bermain di wahana yang sama.
  3. Dan saya?? Pernah merasakan pengalaman berkunjung ke Dunia Fantasi di kedua momen diatas.
Di penghujung tahun 2012, keluarga saya berlibur ke Jakarta dan tempat wisata yang menjadi tujuan utama mereka adalah Dunia Fantasi Jaya Ancol. Rabu pagi pukul 8, kami berangkat ke Dunia Fantasi dan tiba di lokasi pada pukul 10. Kenyataan yang harus kami (dalam hal ini saya sebagai petugas pengantri tiket) adalah antrian tiket yang sangat panjang. Sebagai adik yang baik saya ditugaskan untuk mengantri tiket sedangkan kedua kakak saya dan anak-anaknya menunggu di depan gerbang dufan. Entah itu hari keberuntungan saya atau bukan, kami mendapat tiket lewat pukul 12 setelah mengantri selama 2 jam. Dengan lembaran tiket di tangan saya mencari mereka yang sedang berpose ria di depan gerbang dufan dan mereka bilang "Kalau tau ngantrinya dua jam tadi kita bisa main dulu keliling ancol". Oke, itulah bagian keberuntungan saya, mereka tidak tau kalau untuk mendapatkan tiket di libur akhir tahun butuh waktu yang cukup panjang. Hari itu, dunia fantasi sedang dipadati pengunjung rata-rata manusia seperti kakak saya yang berkunjung untuk berlibur di Jakarta atau filtrip beberapa sekolah di Jakarta.
3 kurcaci lagi nunggu bukwo nya ngantri tiket
My Older sister

Tujuan utama liburan ke dufan hari itu adalah mengajak tiga kurcaci kecil bermain jadi wahana yang akan kami kujunggi adalah wahana keluarga dan disukai anak-anak, Istana Boneka. Saya masih ingat saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar, kakak bercerita tentang boneka dari berbagai negara dan seluruh pelosok tanah air di Istana Boneka. Jadilah, kami mengantri bersama banyak keluarga lainnya untuk masuk ke Istana Boneka. Istana boneka merupakan wahana yang bersifat edukatif untuk anak-anak karena mengenalkan berbagai kebudayaan tradisional Indonesia dan beberapa negara lainnya. Wahana ini pun di design sedemikian rupa sehingga memberi kenyamanan bagi para pengunjung. Pengunjung akan menikmati keindahan kebudayaan berbagai negara dalam sebuah istana yang dilewati dengan sebuah perahu kecil. Selama perjalanan menikmati kebudayaan dari berbagai tempat kita juga diiringgi dengan musik-musik khas tempat tersebut.
Selain istana boneka, banyak wahana lainnya di dufan yang bersifat edukatif. Mungkin fungsi edukatif dari wahana-wahana tersebut tidak eksplisit seperti yang terlihat di istana boneka. Sifat pembelajaran yang bisa diperoleh dari wahana-wahana tersebut muncul secara tidak langsung seperti belajar ketelitian dan ketepatan dari wahana perang bintan. Secara umum wahana yang ada di dunia fantasi bersifat rekreatif dan sangat cocok untuk liburan keluarga. Dan, untuk kami semua sangat senang seharian berlibur ke dunia fantasi walaupun capek ngantri dan harus pulang malam.
After play
Ekspresi capek + senang para kurcaci

Pada kesempatan lain, saya berkunjung ke dunia fantasi bersama seorang teman di hari kerja a.k.a weekday, demi apapun dufan berasa surga di hari kerja... No antri dan bisa main sepuasnya. Enaknya ke dufan di hari kerja adalah kita gak punya saingan untuk ngantri, sebenarnya sensasi ke dufannya sih berkurang tapi gak ada salahnya menikmati wahana berkali-kali tanpa halangan.
Nah... ada beberapa tips lainnya untuk berkunjung ke dufan
  1. Jangan lupa bawa cemilan, karena menikmati cemilan dari posisi tertinggi BIANGLALA sambil melihat ke arah laut, "Hmmmm That's yummmiiiii".... Sensasi piknik di udara
  2. Pastikan anda tidak membawa banyak barang, karena tidak ada penitipan barang gratisan saat akan bermain di ARUNG JERAM atau kalau mau di bawa boleh-boleh aja asal jangan sampe basah
  3. Ambil posisi menghadap ke laut saat naik HISTERIA, karena setelah dipikir-pikir sensasi utama histeria bukan pada kecepatan naik wahana ini tapi ada pada moment setengah detik ketika kita bisa melihat ke lautan luas, Freedom.
  4. Pastikan anda tidak cepat pusing ketika akan naik KINCIR ANGIN ala Belanda.... Wahana ini walaupun jauh lebih kecil dibandingkan Tornado tapi lebih meningkatkan adrenalin karena kita akan diputar seperti kincir..
  5. Ambil posisi paling nyaman saat akan naik TORNADO dan lagi-lagi pastikan anda tidak cepat pusing. Walaupun di Indonesia tidak pernah ada angin tornado, tapi putaran di wahana ini sedikit banyak menggambarkan kedasyatan fenomena alam itu.
  6. Ambil posisi paling depan di perahu NIAGARA karena disitulah posisi terbaik untuk merasakan sensasi berada di air terjun tertinggi dunia.
  7. Jangan takut hilang bila mendengar suara perempuan dari dalam RUMAH AJAIB yang penuh cermin, karena bisa aja itu suara mbak-mbak resepsionis dari arah pintu darurat.
  8. RUMAH MIRING itu benar-benar miring dan kemiringan akan semakin bertambah seiring berjalannya waktu.
  9. Pastikan anda tau apa yang anda takuti dan jangan pernah nyusahin petugas kalau-kalau ada yang takut ketinggian tapi malah naik Tornado. Dan yang paling penting "SAFETY" walaupun petugas telah memastikan penggunaan perangkat keselamatan, tidak ada salahnya kita memastikan lagi.
  10. Pastikan anda mendapat penawaran terbaik... Karena Taman Impian Jaya Ancol selalu memberikan yang terbaik bagi para pengunjung... Seperti September 2013, kami mendapat free pass ke Ocean Dream Samudra dan Atlantis di satu hari yang sama.. Thank's for all and Happy Birthday Dunia Fantasi (Telat ngucapin).

Can't wait this!
Dua kali ke dunia fantasi, dua kali juga ngeliatin patung ice age dan beberapa spot yang ditutup karena proses pembangunan wahana ini. So... pengen banget ke dufan secepatnya untuk mencoba wahana es pertama di Indonesia dengan sensasi winter dan mungkin zaman purba ala mamouth....
Dufan benar-benar Never ending fun for family or friends....