Minggu, 02 Februari 2014

Jurnal 85, Flu Burung, Zoonosis, dan Poster


Poster hasil karya saya dan teman-teman
design by. Talitha Khairunisa
Salah satu mata kuliah di semester 8 adalah Zoonosis. Pada mata kuliah tersebut kami dibagi dalam beberapa kelompok dan ditugaskan membuat sebuah poster yang mudah di pahami tentang beberapa penyakit Zoonosis. Jreng.. jreng.. Kelompok saya sangat beruntung mendapat tugas poster tentang penyakit Flu Burung. Sebelum saya nulis kemana-mana, penyakit zoonosis merupakan penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia atau sebaliknya. "Atau sebaliknya" sengaja saya bold, karena makna tersebut sering terlupakan oleh manusia. Penyakit yang dapat berpindah dari hewan ke manusia sering kali dilupakan karena manusia lebih fokus ke kesehatannya sendiri. 

Setelah lebih dari empat tahun menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran Hewan saya menyadari banyak hal, salah satunya adalah "Ketika sakit yang harus kita lakukan adalah mencegah agar penyakit tersebut tidak terjadi lagi, berobat hanya menjadi fasilitas penunjang". Kenapa berobat hanya fasilitas penunjang? Karena berobat hanya akan membuat kita menjadi sembuh, tapi sering kali kita lupa pada causa atau penyebab penyakit yang sering kali dibiarkan terus berkembang sehingga suatu hari kita bisa sakit lagi.
Kembali ke poster.....
Flu burung termasuk salah satu penyakit zoonosis yang terkenal. Mungkin apabila penyakit ini kembali merebak seperti beberapa tahun yang lalu, orang-orang akan menghindari untuk mengkonsumsi daging ayam dan telur. Dengan pemberitaan media massa yang luar biasa atau mungkin bisa disebut berlebihan, secara tidak langsung kita paham penyakit ini berbahaya dan penyebarannya sangat cepat. Untuk menghindari dan mencegah penyakit ini caranya sangat mudah "Hargai lingkungan, hargai hewan-hewan disekitar, dan jagalah kesehatan mereka (lingkungan dan hewan) sebagaimana kita menjaga kesehatan keluarga kita.".
Mencegah memang lebih baik daripada mengobati bukan?
Catatan terakhir, semoga poster yang dibuat oleh kelompok saya bisa mempermudah pemahaman tentang penyakit flu burung, cara pencegahan dan gejala klinis apabila tertular flu burung.

2 komentar: