Kamis, 23 Januari 2014

Jurnal 82, Best Holiday Plan ala Feby

Beberapa waktu lalu saya iseng ikutan lomba menulis rencana liburan yang hadiahnya ke Tokyo dan KALAH...
Dimana-mana yang namanya kekalahan selalu gak enak, tapi sisi positifnya adalah "berbagi". Ya, melalui kompetisi ini saya bisa berbagi rencana liburan untuk lebih tau tentang Indonesia melalui sejarahnya dan semoga tulisan ini bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk beralih dari mall ke museum. Dan, melalui kompetisi ini saya belajar lebih banyak ketika membaca dan membayangkan rencana liburan peserta lainnya.


Walaupun tulisan ini bukanlah pemenang kompetisi, tapi semoga tulisan ini bisa memberi inspirasi, Check This out.....
WISATA MUSEUM
Libur panjang akan segera datang, banyak hal yang direncanakan tapi terkadang rencana yang ada di kepala tak sebanding dengan dana di dompet. Wisata Keliling Indonesia melebihi keinginan untuk keliling dunia, karena masih banyak keindahan tersembunyi di nusantara tercinta. Rahasia di dalam hutan Sumatera, Kalimantan, dan Papua mungkin lebih mengerikan dibandingkan yang ada di Hutan Amazon. Keindahan pantai, pasir halus, dan ombak yang hebat tak akan diragukan di negara yang memilikii 17.000 pulau disertai dengan keindahan bawah laut yang katanya nomor satu di dunia ini. Tapi, bukan hal ini yang menjadi Best Plan Holiday yang saya inginkan. Tahun 2014 akan menjadi tahun mengenal Indonesia, tahun mengenal sejarah. Sederhana, saya hanya ingin keliling Jakarta. Mulai mengenal ibukota negeri ini, menyusuri tiap jalanan yang dulunya menjadi pusat perdagangan kolonial Sunda Kelapa, Batavia, dan akhirnya Jakarta. Banyak hal yang tersimpan dan menjadi misteri di ibukota, bukan hanya kemacetannya. Membayangkan dulunya jalanan yang penuh pedagang kaki lima dipenuhi oleh orang Belanda bersenjata dan dibelakangnya secara sembunyi ada seorang pribumi dengan bambu runcing di tangan. Mungkin saat ini hanya ada kemacetan, kepadatan penduduk, dan kebisingan di Jakarta, namun di beberapa tempat kita bisa lebih mengenal negeri ini melalui sejarahnya.
Tahun depan, 2014 saya akan melakukan “Wisata Museum” di Jakarta. Selain hemat ongkos hanya dengan KRL Bogor-Jakarta. Lebih hemat dibandingkan tempat-tempat wisata lainnya di Jakarta dan pasti kaya akan ilmu pengetahuan. Bukan hanya mendapat pengetahuan tapi rasa cinta akan negeri ini akan semakin kuat. Dengan mengetahui sejarah akan membuat kita lebih mengenal negeri ini dan perjuangan para pendahulu kemudian menginspirasi kita untuk menjadi generasi penerus bangsa yang lebih baik.
Kota Tua yang dulunya Batavia, Museum Fatahilah, Museum Wayang, Museum Bahari, Museum Keramik, Museum Nasional, Monas, dan banyak lagi Museum yang tersebar di penjuru kota JAKARTA. Mungkin perjalanan ini akan berlanjut dengan menyusuri sejarah kota lainnya.

7 komentar:

  1. wisata taman kota juga by :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh tu tha....
      Wisata taman kota kayaknya lebig seru di bandung, baca blog Lucky deh

      Hapus
  2. tetep semangat kak, tulisannya keren kok, ajak-ajak lah kalau wisata museum hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank u dieq....

      Hayoo.. hayo...
      ntar kapan2 kita jalan2 ke museum :)

      Hapus
  3. ikuttttt kalo kemuseum, Bi... mau belajar sejarah... gimana kalau kita tour sperti film adriana..eheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuuuu....
      tapi tunggu fatahilah buka dulu, pengen liat patung hermes disana...
      oya, ternyata di museum BI ada gambar hermes di salah satu jendelanya loo

      Hapus
  4. hayuuuu....
    tapi tunggu fatahilah buka dulu, pengen liat patung hermes disana...
    oya, ternyata di museum BI ada gambar hermes di salah satu jendelanya loo

    BalasHapus