Sabtu, 31 Agustus 2013

Jurnal 64, Kopi dan Cà phê sữa đá

Sekarang ini, minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Hampir di seluruh penjuru kota, tidak hanya di Indonesia tetapi juga ASEAN, banyak tersebar gerai kopi. Di dunia, negara penghasil kopi terbesar adalah pertama: Brazil,  kedua: Vietnam dan ketiga adalah Indonesia. Kedua negara terakhir adalah anggota ASEAN. Menuju Komunitas ASEAN 2015 ini, mampukah Vietnam dan Indonesia merebut pangsa pasar kopi dunia? Bisakah kedua negara tersebut menjadi partner produksi kopi, bukan menjadi rival atau saling bersaing.
Sumber: http://goo.gl/AVigLI
 "Bongkar kebiasaan lama orang Indonesia"

Jumat, 30 Agustus 2013

Jurnal 63, Myanmar dan Visa #10DaysForASEAN

Hampir semua negara di ASEAN, telah membebaskan pengurusan visa bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke negaranya, namun tidak dengan Myanmar. Kenapa ya, berwisata ke Myanmar tidak cukup dengan mengandalkan paspor saja? Perlu atau tidak visa bagi perjalanan wisata? 
Saat Sekolah Dasar, ketika mempelajari Ilmu Pengetahuan Sosial tentang ASEAN pertanyaan yang selalu diberikan ketika ujian adalah "Siapakah sekretaris jenderal PBB yang berasal dari Burma (sekarang: Myanmar)?"
U Thant (Sekretaris Jenderal PBB 1961-1971 (wikipedia)
Sumber: http://www.nndb.com/people/155/000056984/u_thant.jpg

Kamis, 29 Agustus 2013

Jurnal 62, "Seriously, Its My Indonesia" #10DaysForASEAN

Indonesia kaya dengan beragam budaya, namun di sektor wisata, Malaysia lebih berhasil mem-brandingTruly ASIA”. Kira-kira apa ya branding yang cocok untuk Indonesia? Buat tagline, dan jelaskan kenapa tagline itu cocok untuk Indonesia di kawasan ASEAN.
Hal pertama yang saya pikirkan ketika membaca tugas dihari ke-3 adalah "Indonesia, Gak cuma Bali". Hampir tujuh ratus ribu wisatawan mancanegara yang mengunjunggi Indonesia setiap bulannya pada tahun 2012 (BPS 2012). 200 diantara 700 ribu wisatawan mancanegara yang mengunjunggi Indonesia datang ke Pulau Bali. Ya, kita tidak meragukan keindahan pulau ini, sebuah pulau kecil di timur pulau Jawa. Sebuah kawasan yang memiliki keindahan pantai tak terbantah, daerah pegunungan yang tak kalah indah, budaya dan adat istiadat yang menunjukkan keindahan antropologi, dan para seniman Bali yang tak pernah bosan menunjukkan kehebatan mereka di hadapan para wisatawan.
Sumber: http://www.wisataindonesia.net/gallery.html

Rabu, 28 Agustus 2013

Jurnal 61, Negara Serumpun? #10DaysForASEAN

Sudah pernah berwisata ke Candi Borobudur? Menurut penjelasan ahli sejarah, relief Borobudur ada kemiripan dengan Candi Angkor Wat, yang berada di Kamboja. Padahal, Borobudur dibangun 3 abad sebelum Angkor Wat ada.  Apakah ini menandakan bahwa negara-negara di ASEAN itu serumpun?


Sumber: http://media.web.britannica.com/eb-media/23/13123-050-3DC3FF1C.jpg


Sumber: http://travel4all.org/wp-content/uploads/Angkor-Wat.jpg

Saya belum pernah mengunjunggi kedua lokasi tersebut secara langsung, untungnya ada internet yang membantu saya dalam mendeskripsikan kedua candi tersebut. Dalam blognya, Kerebrity on Vocation, Mas Nirwan menuliskan review tentang perbandingan kedua candi ini. Dalam tulisannya dijelaskan bahwa kedua candi yang sama-sama pernah berada dalam 7 keajaiban dunia tersebut memiliki beberapa perbedaan, diantaranya adalah lokasi candi, Borobudur dibangun di dataran tinggi dan Angkor Wat dibangun di dataran rendah. Selain itu dari review dan beberapa foto di internet kita bisa melihat bahwa sesunggunhnya Angkor Wat lebih mirip candi Prambanan. Mas Nirwan juga menuliskan "Borobudur juga lebih cantik. Adanya stupa dan relief-relief di seluruh dinding candi membuat Borobudur sangat indah untuk dinikmati dari dekat. Sedangkan di Angkor Wat hanya terdapat relief-relief dewi-dewi yang bertelanjang dada".

Selasa, 27 Agustus 2013

Jurnal 60, Salon Thailand atau Indonesia? #10DaysForASEAN

Bagaimana kalau banyak berdiri salon Thailand yg profesional & mempunyai sertifikat tingkat internasional ?
 Nah, beberapa pertanyaan yang mungkin muncul selanjutnya adalah
  • Kenapa salon asal Thailand bisa banyak di Indonesia?
  • Apa yang harus kita lakukan dan bagaimana menyikapinya?
Sumber: http://img.antaranews.com/new/2013/08/ori/20130809asean-members.jpg