Selasa, 31 Desember 2013

Jurnal 81, Honda dalam Sejarah dan CB150R Streetfire Menjaga Kelestarian Lingkungan

Orang melihat kesuksesan saya hanya 1% tapi mereka tidak pernah melihat 99% kegagalan saya. Ketika anda mengalami kegagalan, maka segeralah mulai kembali bermimpi dan mimpikanlah mimpi yang baru. (Soichiro Honda).
Siapa sih yang gak tau motor Honda? Bahkan di beberapa tempat sepeda motor dengan merek lain tetap disebut Honda, semacam majas metonimia. Honda terkenal sebagai produsen sepeda motor terbesar di dunia. Untuk mendapat pencapaian tersebut Honda melakukan berbagai inovasi pada mesin dan penampilan motor Honda, mulai dari motor bebek, motor matic, dan tentunya Honda tidak ketinggalan pada inovasi motor sport.

Sumber: IndonesiaIndonesia.com
Soichiro Honda merupakan seorang montir yang cerdas, inovatif, dan penuh semangat. berawal dari bekerja di sebuah bengkel yang kemudian menjadi pimpinan di cabang baru bengkel tersebut. Ketika beliau merasa mampu mulai membuka bengkel sendiri dan disaat yang sama mulai melakukan inovasi pada mesin-mesin. Soichiro Honda memulai kesuksesanya dengan mendirikan pabrik Ring Piston untuk mobil tapi harus mengalami kebangkrutan setelah pabriknya terbakar dan tidak mendapat pinjaman modal di masa Perang Dunia ke-2. Namun, kehancuran ini lah yang menjadi awal dari kesuksesan Honda hingga menjadi produsen sepeda motor terbesar di dunia. Pada masa kejatuhannya, Soichiro Honda mencoba bangkit dengan melakukan inovasi pada mesin-mesin dan memasangkanya pada sepeda pencal miliknya. Para kerabat dan tetangga tertarik pada hasil kreasi Honda dan beliau pun memulai produksi sepeda bermotor. Inilah yang menjadi cikal bakal pendirian pabrik motor Honda dan semenjak itu berbagai jenis dan inovasi sepeda motor keluar dari gerbang pabrik Honda hingga akhirnya merajai pasar sepeda motor dunia. (Sumber: IndonesiaIndonesia.com)

Sumber: http://www.hasbihtc.com



Ada tiga orang yang diakui sebagai penemu sepeda motor, Ernest Michoux (Perancis), Edward Butler (Inggris), dan Gottlieb Daimler (Jerman). Namun Daimler lah yang menjadi perakit sepeda motor pertama di dunia. Namun, sepeda motor pertama kali di komersialkan berasal dari pabrik sepeda motor Hildebrand and Wolfmuller dari Muenchen pada tahun 1893. Kerennya adalah pada tahun yang sama (1893) sepeda motor masuk ke Indonesia tepatnya di Probolinggo, Jawa Timur dibawa oleh seorang berkebangsaan Inggris yang mungkin memiliki kekerabatan dengan Harry Potter, John C. Potter. Paragraf diatas mungkin tidak terkait dengan tema dari lomba blog ini "Motor Canggih, Irit, dan Advance", namun ada satu cerita setelah masuknya sepeda motor ke Indonesia yang ingin saya bagi. Pada tahun 1917, Gerrit de Raadt mengendarai sepeda motor dari Jakarta menuju Surabaya dengan rekor waktu selama 20 jam 45 menit. Rekor tersebut terus diperbarui dan disainggi oleh banyak pecinta sepeda motor lainnya hingga akhirnya Gerrit de Raadt mengalahkan rekornya sendiri dengan waktu tercepat 10 jam 1 menit pada tahun 1932. Dengan keterbatasan mesin yang digunakan pada sepeda motor pada masa itu tentunya kita merasa takjub pada kemampuan De Raadt. Nah, pada masa saat ini apakah ada yang mampu mengalahkan rekor De Raadt untuk perjalanan Jakarta- Surabaya dengan sepeda motor. (Cerita lengkapnya ada disini)
Now, DICARI: LAKI-LAKI PUNYA NYALI!, (PEREMPUAN?? Kenapa enggak??) Apakah kalian diluar sana mampu mengalahkan rekor De Raadt? Dilihat dari spesifikasinya, saya rasa Honda CB150R Streetfire mampu menjawab tantangan ini.

 
Honda CB150R Streetfire

Oktober 2012 silam dalam event Jakarta Motorcycle Show (JMCS) Honda CB150R Streetfire pertama kali ditunjukkan dihadapan publik. Motor ini  menggunakan mesin berbasis CB150 dengan 150CC, 6 speed, 4 stroke, DOHC, liquid cooled dan dilengkapi dengan teknologi PGM-FI. Berbagai teknologi ini membuat Honda CB150R Streetfire menjadi motor dengan mesin paling superior di kelasnya. Dengan teknologi yang amat superior ini, Honda CB150R StreetFire dapat mencapai kecepatan maksimum 122 km/jam serta akselerasi 10,6 detik untuk menempuh jarak 0-200 meter. (sumber: Honda Cengkareng)
Mengutip dari Honda Cengkareng inilah keunggulan yang dimiliki oleh Honda CB150R Streetfire:

  • Pro-Link rear monoshock (fitur ini digunakan juga oleh motor Honda CBR 250R dimana dengan fitur ini tempat duduk terasa lebih lembut, stabil dan nyaman karena suspensi mampu menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi jalan).
  • Rem cakram depan dan belakang.
  • Analog-digital speedometer (panel meter dengan latar belakang grafik berwarna putih yang sporti serta didukung panel digital yang futuristik dan menampilkan informasi yang lengkap seperti speedometer, odometer, trip meter, clock, dan fuel meter dalam satu tampilan layar).
  • Velg racing palang 6 berpola bintang dibalut dengan ban tipe tubeless.
  • Secure key shutter.
Desain, fitur dan teknologi Honda CB150R Streetfire menjadikannya sebagai motor sport dengan value dan fitur paling valuable di Indonesia. Canggih bukan??

Hal paling penting dalam penggunaan kendaraan adalah penggunaan bahan bakar. Semakin irit penggunaan bahan bakar maka semakin besar manfaat yang kita berikan untuk alam. Honda CB150R Streetfire dengan teknologi advance mampu memberi manfaat bagi kelestarian lingkungan. Dengan mesin 150cc, sistem injeksi untuk suplai BBM, dan mesin DOHC, konsumsi BBM Honda CB150R StreetFire menurut Eijiro Asakawa  selaku Chief Engineer of Honda RnD Asia Tenggara, mengatakan bahwa berdasarkan pengujian internal yang dilakukan pihak Honda, konsumsi BBM mencapai 36 km/liter. (sumber: Merdeka.com). Menurut penggunaan bahan bakar yang dilakukan oleh tmcblog.com rata-rata penggunaan/ konsumsi bahan bakar riding komuter ala tmcblog adalah sekitar 50,25 km/liter. Ternyata lebih irit dibandingkan pengujian internal yang dilakukan oleh pihak Honda.

So, Honda CB150R Streetfire gak cuma keren dan canggih tapi juga ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan, keselamatan, dan kemajuan mobilitas (Sustainability, safety, and advanced mobility) seperti misi dari teknologi advanced yang diusung oleh Honda (Sumber: Wikipedia)
 
Tulisan ini diikutsertakan untuk Lomba Blog "Motor Canggih, Irit, dan Advance" bersama Honda Motor Indonesia dan Blog Detik.
http://microsite.detik.com/minisite/BlogHondaCB150R/

9 komentar:

  1. mantap bro semoga ente menang ya

    Komen balik ke http://martunisakbarhalik.blogspot.com/2013/12/si-motor-canggih-irit-dan-advance.html

    BalasHapus
  2. honda emang tetap nomor satu dari dulu sampe sekarang. keren ulasannya...
    mampir juga ya kemari http://mhdharis.wordpress.com/2013/12/15/honda-cb150r-streetfire-berawal-dari-mimpi-hingga-berhasil-dimiliki/

    BalasHapus
  3. Widih aku baru tau tuh sepeda yang paling atas itu.. :o
    Manteb nih ulasan sejarahnya :D Mampir juga ya http://d558.blogspot.com/2013/12/cowo-tulen-berani-coba-cb150r.html

    BalasHapus
  4. Tambahan referensi untuk Blog CB150RStreetfire

    http://bit.ly/1eauNQd

    BalasHapus
  5. mantap...sukses bro

    http://nyalidotcom.blogspot.com/2013/12/nyali-itu-honda-cb150r-streetfire.html

    BalasHapus
  6. Feby ikutan juga kompetisi ini,,good luck ya ^_^

    BalasHapus
  7. Mantap, artikel yang bagus,
    mampir ke blog ku ya
    Follow dan Komentar =))
    Dan baca juga :

    http://halim-pratama.blogspot.com/2013/12/honda-cb150r-streetfire-motor-4-sehat-5.html

    Salam kenal ya =))

    BalasHapus
  8. Mantab jurnalnya komplit..
    salam kenal, komen back ya..:)

    sukses selalu..

    BalasHapus