Jumat, 29 November 2013

Jurnal 78, Bukan Hanya Pantai di Karimunjawa

Ketika mendengar kata Karimunjawa pasti hal yang dekat dengan pikiran kita adalah liburan dan pantai. Tapi sesungguhnya bukan hanya wisata pantai dan keindahan bawah laut saja yang ditawarkan oleh Kepulauan di Laut utara jawa ini. Juli 2012 silam, saya dan teman-teman mendapat kesempatan untuk berlibur sekaligus mempelajari tentang Taman Nasional dan satwa liar di kepualaun ini. Satwa yang akan kami amati adalah Penyu, Rusa, dan Monyet ekor panjang .
Pengamatan penyu dilakukan di Penetasan Semi Alami (PSA) Kemujan di Pantai Pasir Kuda dan PSA Menjangan Besar. Namun, kedatangan kami tidak tepat karena tidak ada penyu di bulan juli. Padahal menurut teori bulan juli merupakan musim kedatangan penyu hijau (Chelonia midas) di Kepulauan Karimunjawa. "Beberapa tahun terakhir sudah tidak ditemukan sarang penyu hijau di kepulauan ini" begitu penjelasan dari polisi hutan yang bertugas di PSA Kemujan  Tapi, tim kami masih beruntung karena bisa melihat langsung penyu kecil yang terdampar di PSA Kemujan. Penyu itu mengalami kelemahan pada lengan depan dan akibatnya penyu ini tidak bisa berenang dibawah air.


Bagi saya, Hal paling menyenangkan di Karimunjawa adalah pengamatan rusa. pengamatan dilakukan pada malam hari dengan menggelilingi pulau karimun jawa. hari terakhir di Karimunjawa kami berangkat pukul 21.00 WIB dengan mobil patroli polisi hutan. Saya, Talitha, dan Cocom ditemani oleh Pak Aley duduk di bak belakang dengan perbekalan sebuah senter besar, sedangkan Dhani dan Atika duduk manis di depan menemani Pak Nardhi yang mengendarai mobil dengan sangat pelan. Senter ini digunakan untuk meneranggi daerah sekitar hutan, dan apabila cahaya tersebut menangkap keberaaan rusa mobil akan ikut berhenti. Hebatnya adalah rusa-rusa tersebut akan diam sesaat ketika cahaya yang sangat terang menerangginya dan kesempatan ini dapat dimanfaatkan untuk mengambil foto rusa liar. Saya benar-benar telah melihat rusa liar di alamnya, bukan lagi rusa-rusa di kandang timur Ragunan, atau rusa istana dan rusa cifor kalau di kampus.
Tentang Rusa di Karimun jawa,,
Rusa yang hidup di Karimun jawa adalah Rusa Timor (Cervus timorensis) merupakan jenis rusa yang mendiami hampir semua wilayah di barat Indonesia. Nah, masyarakat karimun jawa percaya bahwa rusa ini telah mendiami kepulauan ini sejak lama bahkan ada beberapa mitos yang mengatakan dulunya rusa-rusa tersebut berenang untuk menyebrang antar pulau. Karena itulah ada 2 pulau yang diberi nama rusa dalam bahasa jawa yaitu Menjangan Besar dan Menjangan Kecil. Pak Nardi salah satu polisi hutan yang menemani kami bisa bersiul 'yang katanya' seperti suara rusa, dan percaya atau tidak rusa-rusa akan mendekati suara siulan sehingga kami bisa melihat langsung rusa dan memotretnya. Rusa adalah hewan nocturnal atau yang aktif di malam hari, sebenarnya rusa hidup pada pegunungan atau daerah perbukitan. Namun karena kebutuhannya terhadap garam rusa-rusa tersebut turun ke pinggir pantai untuk meminum air laut.
Cerita lainnya dari Karimunjawa:
Jurnal 35, Ekspedisi I SATLI Part Tracking Magrove
Jurnal 36, Ekspedisi I SATLI Part Oleh-oleh dari Pak Ale(y)
Jurnal 37, Ekspedisi I SATLI Part Penetasan Penyu Semi Alami (PSA) Kemujan 
Jurnal 72, Terlihat samar-samar dari Pulau Jawa, Karimunjawa


0 komentar:

Posting Komentar