Senin, 25 November 2013

Jurnal 77, Sebagian dari Keindahan Nusantara dalam [Terios7wonders]

Pada tahun 2012 lalu, Daihatsu mengadakan Terios 7 wonders Sumatera Coffee Paradise di Swarnadwipa atau Pulau Emas. Dan tahun ini daihatsu mengundang para sahabat petualang untuk menulis dan menginformasikan tentang 7 wonders nusantara. Mungkin 7 wonders nusantara belum bisa menggambarkan keindahan Indonesia secara keseluruhan tapi ini lah langkah awal bagi para sahabat untuk lebih memperkenalkan Indonesia, Indonesia gak cuma Bali looo...Dan desa emas ini, desa sawarna merupakan salah satu keindahan nusantara yang disebut 7 wonders bersama Desa Kinahrejo Merapi, Tengger Bromo, Ombak Plengkung Alas Purwo, Desa Sade Rambitan Lombok, Dompu NTB, dan Pulau Komodo. (Ngutip paragraf terakhir di kompetisi sebelumnya)
Sumber: daihatsu.co.id
Masih sedih karena tidak terpilih untuk bergabung di road trip Terios 7 Wonders, namun ketika melihat hasil reportase 7 blogger yang bergabung dalam road trip ini 'Jadi makin mupeng :('. #CurhatColongan
Keyword dari kegiatan ini adalah Terios, 7 wonders, dan nusantara. Dari ketiga hal diatas, lagi-lagi saya bilang "Mupeng" dan "Pengen ikutt".
Kenapa Terios??

Terios merupakan salah satu mobil dari Daihatsu yang bertemakan "sahabat petualang". Sebuah mobil dengan SUV dengan tampilan mewah namun tangguh di berbagai medan. Sebagai sahabat petualang, daihatsu terios tidak hanya menawarkan SUV yang sporty dan mewah, mobil ini juga menawarkan kenyamanan berkendara bagi penumpang di dalamnya. Kenyamanan tersebut bisa kita lihat dari komentar 7 blogger yang bergabung dalam road trip selama ini. 14 hari bukan waktu yang singkat untuk berdiam diri dalam kendaraan dan menempuh medan yang variatif, dan dari semua hal yang tertera dalam tulisan mereka, mungkin sedikit hanya ada sedikit rasa capek yang kemudian hilang ketika tiba di salah satu lokasi 7 wonders. 
Daihatsu New Terios selama 14 hari berhasil melewati berbagai ujian, mulai dari jalur berupa tanjakan yang curam di jalur selatan pulau jawa. Tentunya kelebihan Daihatsu New Terios bukan hanya untuk medan-medan off road yang tidak biasa, New Terios termasuk mobil yang kompeten untuk digunakan di daerah perkotaan dengan jalan tol, hal ini terlihat pada performa 1500 cc VVTi yang handal untuk dipacu dengan kecepatan rata-rata 60-80 km/jam. Banyak kelebihan yang bisa kita lihat dari spesifikasi Daihatsu New Terios, tapi kita tak perlu banyak bicara karena semua sudah dibuktikan dalam perjalanan sepanjang 2566 Km ini
Perjalanan ini bukanlah perjalanan biasa. Sebuah road trip untuk membuktikan ketangguhan Daihatsu Terios di berbagai medan untuk mengunjunggi 7 surga tersembunyi di sepanjang pulau jawa hingga komodo.
 7 Wonders dan Nusantara
Entah kenapa selalu angka 7? ada banyak hal yang menakjubkan, sangat indah, dan mungkin dianggap luar biasa oleh masyarakat, dan biasanya hal-hal tersebut selalu didampinggi dengan angka 7. Kali ini Daihatsu Terios mengusung tema 7 wonders nusantara mengunjunggi destinasi luar biasa yang jarang dikunjunggi akibat medan yang sulit dilalui. Bersama 7 blogger dan 7 jurnalis, mereka berhasil mengunjunggi 7 destinasi wisata yang tersembunyi dan membuktikan ketanguhan Daihatsu New Terios dalam melewati variasi medan perjalanan sepanjang 2566 Km. Dalam pandangan saya, perjalanan ini bukan hanya sebuah perjalanan untuk membuktikan ketangguhan daihatsu New Terios, bukan juga perjalanan wisata semacam liburan, perjalanan ini bukan hanya untuk Daihatsu dan mereka yang ikut di dalamnya. 
Perjalanan ini untuk Indonesia, untuk menunjukkan betapa indahnya dan berharganya alam kita. Perjalanan untuk menunjukkan kepada seluruh Indonesia bahwa negeri ini adalah Nusantara, ada begitu banyak keindahan alam yang tersembunyi. Keindahan yang sudah seharusnya kita ketahui, kita datangi, kita jaga kelestariannya, dan kita perkenalkan pada dunia. Dan mereka, 7 jurnalis dan 7 blogger tidak hanya menikmati keindahan alam yang tersembunyi di 7 wonder nusantara karena perjalanan ini adalah untuk belajar dan berbagi. 
Perjalanan ini adalah pembelajaran tentang kekayaan tradisi nusantara. Alunan musik gamelan jawa beserta tarian kuda lumping di Desa Kineharjo (Yogyakarta). Alunan musik dan tarian tradisional Kedang Belek, dan ditutup dengan pertunjukan paresehan di Desa Sade Rambitan (Lombok Tengah).
Perjalanan ini bukan hanya tentang datang dan pergi. Perjalanan ini adalah untuk datang dan belajar dan pergi dengan manfaat dan kenangan. 
Terios 7 wonders nusantara dalam 2566 Km sekaligus menabur benih manfaat bagi masyarakat yang dilewatinya. Penanaman 1000 pohon untuk menghijaukan desa yang telah porak poranda oleh meletusnya gunung merapi pada tahun 2010 dan Pintar bersama daihatsu dengan menyumbangkan buku-buku pelajaran ke SMA Al Masyhudien NW Kawo Desa Kawo (Lombok tengah).
Perjalanan ini adalah belajar untuk mengamati alam, mencintai alam, dan melestarikan alam. perjalanan ini adalah tour sebagian kecil dari kekayaan biodiversity Indonesia.
Konservasi? Ini lah bagian yang paling membuat saya ingin dan iri. Afrika from Java atau Taman Nasional Baluran dengan keindahan sabana dan pengamatan rusa secara langsung di malam hari. Susu kuda liar dari sumbawa? tentunya Kuda bukanlah hal yang aneh bagi orang sumbawa dan karena inilah sumbawa terkenal dengan susu kuda liar. Pada saat kuliah, ada dosen yang pernah bilang "tidak mungkin susu kuda liar berasal dari kuda yang dihutan, bahkan untuk memerah susu kuda yang sudah dijinakan saja susah apalagi kudanya berasal dari hutan". Dan lagi-lagi saya harus menuliskan kata ini, saya iri pada tim road trip yang berkesempatan untuk singgah di Desa Palama untuk mengunjunggi pemerahan susu kuda liar.
Dan bagian yang paling luar biasa dan mungkin (lagi-lagi) bikin iri saya dan teman-teman di fakultas (mungkin) adalah mengunjunggi PULAU KOMODO. Siapa sih yang tidak tau tentang Pulau Komodo? dulu sih mungkin tapi sejak lokasi ini menjadi kandidat 7 keajaiban dunia, tidak mungkin masyarakat Indonesia tidak mengetahui tentang lokasi ini. Sebuah pulau yang menjadi habitat dari Komodo yang konon katanya jenis dinosaurus yang masih hidup. Dengan adanya road trip ini saya berharap masyarakat lebih membuka mata dan lebih peduli untuk melestarikan satwa dan biodiversity negeri ini. 
Indonesia tidak lengkap tanpa kata "pantai",  Road Trip ini pun pasti tak lengkap tanpa mengunjunggi pantai. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari 17.000 pulau, memiliki garis pantai terpanjang, tidak mungkin keindahan pantai hanya ada di Kuta. Banyak pantai tersembunyi dan keindahan tak terduga yang bisa ditemui dan dalam perjalanan 14 hari ini Daihatsu New Terios mengunjunggi keindahan matahari, pasir, dan gelungan ombak di Desa Sawarna Banten dan Pink Beach Lombok. 
Daihatsu New Terios dengan slogan sahabat petualang harus mampu melewati variasi medan daerah pegunungan. Dengan segala kelebihannya, Daihatsu New Terios telah mampu membuktikan dirinya di Medan off road kaki gunung merapi dan menjelajahi Taman Nasional Tengger Bromo Semeru.
Daihatsu bersama 7 Jurnalis dan 7 Blogger telah membuktikan betapa luar biasanya keindahan nusantara bersama 7 Daihatsu New Terios.
Sumber:
Daihatsu Terios Tangguh di Jalur Selatan
Daihatsu Terios Jinakkan Medan Offroad Kaki Merapi
Daihatsu Terios Jelajahi Taman Nasional Tengger Bromo semeru
Daihatsu Terios: 'Mengintip' Sekelompok Rusa di Africa from Java
Daihatsu Terios Temui Pembersih Lantai dari Kotoran Kerbau ala Suku Sasak
DaihatsuSumbang Buku-Buku Pelajaran ke SMA Al Masyhudien NW Kawo
Menengok pantai-pantai 'Paradise' di Lombok dengan Daihatsu Terios
Menikmati Alam dan Susu Kuda Liar Sumbawa
Daihatsu Terios Jelajahi Pulau Komodo


Lampiran:
Telat banget upload ini gambar :(

Tweet...
Dekat waktu deadline, semoga bukti follow yg ini bisa diterima



0 komentar:

Posting Komentar