Selasa, 27 Agustus 2013

Jurnal 60, Salon Thailand atau Indonesia? #10DaysForASEAN

Bagaimana kalau banyak berdiri salon Thailand yg profesional & mempunyai sertifikat tingkat internasional ?
 Nah, beberapa pertanyaan yang mungkin muncul selanjutnya adalah
  • Kenapa salon asal Thailand bisa banyak di Indonesia?
  • Apa yang harus kita lakukan dan bagaimana menyikapinya?
Sumber: http://img.antaranews.com/new/2013/08/ori/20130809asean-members.jpg


Mulai tanggal 31 Desember 2015 kita akan memasuki era Komunitas Ekonomi ASEAN 2015. Desember 1997, para perwakilan 10 negara ASEAN berkumpul di Kuala Lumpur dan memutuskan untuk mentransformasikan ASEAN menjadi kawasan yang stabil, makmur, dan berdaya saing tinggi dengan tingkat pembangunan ekonomi yang merata serta kesenjangan sosial ekonomi dan kemiskinan yang semakin berkurang. Pada tahun 2003 dideklarasikan Komunitas Ekonomi ASEAN pada tahun 2020 untuk mencapai tujuan diatas. Pada KTT ASEAN ke-12 para pemimpin ASEAN sepakat untuk mempercepat berdirinya Komunitas Ekonomi Asean yang akan dilaksanakan pada tahun 2015. Komunitas Ekonomi ASEAN 2015 akan membawa ASEAN menjadi suatu kawasan dimana aliran bebas barang, jasa, investasi, dan tenaga kerja terampil, serta aliran modal yang lebih bebas. Selengkapnya tentang Komunitas Ekonomi ASEAN 2015 bisa dilihat di ASEAN ECONOMIC COMMUNITY BLUEPRINT yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN, Kementerian Luar Negeri tahun 2009. Jawaban untuk pertanyaan pertama sudah terjawab dari dua kalimat sebelumnya, Komunitas Ekonomi ASEAN 2015 akan membawa ASEAN menjadi suatu kawasan dimana aliran bebas barang, jasa, investasi, dan tenaga kerja terampil, serta aliran modal yang lebih bebas.

Bagaimana kita menyikapi kehadiran salon-salon Thailand yang mungkin akan menjamur di Nusantara? 
  • Aksi Simpatik di bundaran HI dengan spanduk --> Tolak Salon Thailand
  • Datang ke salon Thailand dan iseng memakai jasa yang bersertifikat tingkat internasional (boleh-boleh aja sih)
Salon-salon yang berstandar internasional memiliki kelebihan di bidang peralatan yang modern, staylist profesional yang berijazah luar negeri, dan produk-produk kecantikan standar internasional yang dipakai oleh artis-artis Holiwood. Lalu, apa kelebihan salon-salon yang ada di Indonesia?? Salon-salon di Indonesia menggunakan produk-produk yang berasal dari herbal warisan dari nenek moyang kita. Selain itu, salon-salon Indonesia sudah lama di kenal masyarakat dan kelak di tahun 2015 salon-salon tersebut harus bisa mempertahankan kualitas dan kepercayaan masyarakat. Bukan, cuma insan salon aja yang harus berusaha, tapi pemerintah harus mendukung penuh tiap perkembangan yang ingin dilakukan oleh para insan salon. Pemerintah sebagai pihak yang mengatur usaha yang ada di Indonesia harus memberi kemudahan agar salon-salon yang ada di Indonesia bisa lebih maju dan tidak tertinggal dibandingkan salon yang memiliki sertifikat internasional.
Sumber: http://img.antaranews.com/new/2013/08/ori/20130809asean-members.jpg

Untuk seluruh masyarakat Indonesia jangan pernah lupa untuk tetap "Mencintai produk dalam negeri" walaupun produk tersebut tidak bersertifikat internasional tapi percayalah produk-produk dalam negeri memang di ciptakan sesuai keingginan, tradisi, dan kebiasaan orang Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar