Kamis, 16 Mei 2013

Jurnal 54, Me and Daihatsu Sirion Slalom

"Jarang-jarang orang suka nonton event otomotif apalagi kayak dirimu'
Kalimat diatas 90% benar, namun pada kenyataannya yang terjadi adalah 10 % kemungkinan kesalahan pada fakta diatas. Pada kesempatan ini PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) bekerja sama dengan blog detik mengundang 100 orang blogger untuk hadir pada grand final Daihatsu Sirion Slalom dan 15 blogger pertama akan mendapat kesempatan untuk ikut dalam 'Taxi Slalom'. Alhamdulillahnya saya termasuk diantara 100 blogger yang diundang dan ikut taxi slalom.

Minggu pagi, saya berangkat ke Gelora Bungkarno dan beruntung melihat banyak mahasiswa sedang melakukan aksi simpatik untuk mengenang tragedi 12 Mei 1998. Hal positif pertama yang saya dapat dari event ini adalah kembali mengenang sejarah bangsa ini (gak terlalu penting). Sesampainya di GBK dan tanya sana sini saya berjalan dengan kecepatan tinggi dan baru tau ternyata event yang dilaksanakan bukan hanya Daihatsu Sirion Slalom karena Grand Final Daihatsu Sirion Slalom berlangsung selama 2 hari di Otobursa Tumplek Blek ke-14.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menemukan Area Kolam Renang Gelora Bung Karno merupakan Zona D yang menjadi arena Daihatsu Sirion Slalom. Setelah menemukan TKP, blogger yang hadir wajib menunjukkan email konfirmasi keikutsertaan dan diberikan soevenir berupa kaos dan topi dari daihatsu sahabat muda (nyontek tulisan yang di topi). saya termasuk satu diantara blogger yang datang cepat dan sangat beruntung karena kita disambut mbak-mbak fotografer dari daihatsu dan di potret di beberapa lokasi.
trial kaos baru dalam sebuah gambar (dok.pribadi)
 
Daihatsu sirion yang telah dimodifikasi (dok. pribadi)
Tanda pengenal peserta Taxi slalom :) (dok. pribadi)

Para blogger yang hadir dikumpulkan di sebuah ruangan ber-AC (alhamdulillah bisa menikmati sejuknya AC ditengah panasnya GBK) dan akan diberi penjelasan tentang Daihatsu Sirion Slalom oleh Mas David. Mas david mnejelaskan tentang gambaran umum event. Daihatsu mengangkat tema 'Daihatsu Sirion Slalom Collage Battle' dan tagline Sirion Sahabat anak Muda. Rangkaian acara telah dimulai sejak babak kualifikasi yang dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2013 silam di arena parkir barat Jakarta International (JI) Expo Kemayoran. Babak kualifikasi diikuti oleh 160 peserta yang berasal dari seleksi di Universitas Media Nusantara, Universitas Tarumanegara, dan Universitas Indonesia. Tentunya pihak daihatsu tidak sembarangan dalam memilih lokasi, Universitas Media Nusantara mewakili daerah Tanggerang dan sekitarnya, Universitas Tarumanegara mewakili wilayah DKI Jakarta, dan Universitas Indonesia mewakili daerah Depok dan Jawa Barat. Peserta yang mengikuti kejuaraan ini tidak dipersulit dalam proses pendaftaran, pihak Daihatsu telah menyediakan Daihatsu Sirion yang telah dimodifikasi khusus untuk acara ini. Peserta cukup menunjukkan SIM A dan tentunya nyali untuk ber-slalom di tengah arena. Setelah melalui persaingan yang ketat diperoleh 40 peserta terbaik yang akan menunjukkan aksi ber-slalom di Grand Final Daihatsu Sirion Slalom.
Selama kekosongan waktu, kami diperbolehkan uuntuk menyaksikan aksi 40 peserta dengan catatan waktu terbaik dari babak sebelumnya. 40 peserta akan melewati palang rintangan yang telah disiapkan. Sebelumnya, Slalom adalah olahraga ketangkasan bermanuver yang benar dan aman bagi dirinya sendiri dan pengguna jalan yang lain saat menggunakan mobil. Pada babak ini akan dipilih 10 peserta terbaik yang akan kembali berlaga pada sore harinya. Dari pengamatan mata awam saya, slalom merupakan olahraga ketangkasan berkendara, melewati palang rintangan, dan mencari waktu tercepat, jadi untuk mendapat waktu tercepat pe-slalom harus memiliki mata yang jeli dan fokus dalam melihat rintangan agar tidak menabrak palang atau posisi kendaraan yang tidak tepat sehingga menghabiskan banyak waktu untuk mengembalikan mobil pada posisi yang tepat. Sesi sok tau selesai!!
Dan ternyata banyak blogger yang tidak fokus dalam menyaksikan 40 peserta karena perhatian mereka yang teralihkan. Why??
bongkar pasang ban mobil (dok. blog detik)
Ya... perhatian para blogger teralihkan oleh stand ini, bongkar pasang ban mobil dengan kompresor (bukan dongkrak) dan dilakukan perhitungan waktu. setiap peserta akan medapat soevenir sebuah topi dan botol minum cantik dari daihatsu, serta voucher belanja senilai 200.000 untuk peserta dengan waktu tercepat. And, you know... saya iseng ikutan tantangan ini dan mengetahui bahwa:
  • Kompresor merupakan benda yang lumayan berat, dan sangat hebat dalam mencabut baut-baut pada ban mobil. Mungkin prinsipnya seperti obeng atau energi yang berasal dari tekanan dan karet depan kompresor secara otomatis akan memutar baut yang mengunci ban
  • Ternyata ban mobil itu berat saudara-saudara :(
Tantangan ini terpaksa dihentikan karena titik-titik hujan yang mulai turun. dan titik-titik air yang sama ikut membasahi arena slalom. Dan saya, sungguh takut pada nasib saya ketika ikut taxi slalom. Oke, dibenak saya, apabila lantai licin maka mobil akan terpeleset dan dugaan saya disalahkan karena menurut pe-slalom yang ada di TKP, aspal yang basah karena hujan akan mempermudah laju mobil di arena ('tapi tergantung yang nyetir juga' kalimat tambahan dari seorang bapak-bapak yang membuat mata saya melotot). Sebelum taxi slalom, para blogger dijamu makan siang dan selanjutnya 15 blogger terpilih diajak untuk ikut bersama mas david dan melakukan briefing sebelum taxi slalom.
Suasana lunch (dok. blog detik)

Pra-briefing Taxi slalom (dok. pribadi)
Dari beberapa info yang saya baca di internet sebelum mengikuti acara ini. akan ada 2 instruktur, yaitu Amandio dan Dika CH yang merupakan pembalap nasional. Ternyata dan ternyata ada bintang tamu yaitu pe-slalom profesional yang wajahnya tidak asing lagi di layar kaca Indonesia, Stuart Colin. Dan, instruktur terakhir adalah Nindya Swastika, ratu slalom asal surabaya (mau tau lebih banyak, klik disini)
4 instruktur Daihatsu sirion slalom (dok.pribadi)
Taxi slalom merupakan bagian dari event Daihatsu Sirion Slalom dimana manusia non pe-slalom (dalam hal ini 15 blogger) diperbolehkan untuk ikut duduk disamping driver dan merasakan ketika mobil bergerak cepat dan melewati berbagai rintangan yang ada. Selama briefing kami dijelaskan tentang pentingnya safety dan beberapa hal yang harus dilakukan (Helm, sit belt, dan pegangan ketika mobil melaju). Selanjutnya kami diberi selembar kertas yang berisi petunjuk jalur yang harus dilewati ketika ber-slalom dan bersama ke-4 instruktur berjalan melewati jalur tersebut. Dari hal diatas, diketahui betapa sulitnya para peserta yang harus fokus untuk menghindari palang rintangan, mengendarai mobil dengan cepat dan aman untuk mencapai final, dan kecerdasan untuk menghapal jalur tersebut. Dan hal yang terpikirkan oleh para blogger selama briefing adalah, posisi duduk dan asuransi (LOL).
After briefing (dok. pribadi)

Uji IQ dengan ngapalin jalur slalom (dok. pribadi)

Hanya berpikir, foto ini mesti ada disini (dok. blog detik)
Setelah melintasi catwalk jalur slalom, 4 instruktur mulai mempersiapkan daihatsu sirion yang akan digunakan untuk taxi slalom.15 blogger pun mulai mempersiapkan diri, mental, menghitung nomor urut, dan memikirkan nasib setelah melewati gerbang start. Dan nasib kami semua setelah melewati start adalah melewati gerbang finish dengan selamat. Selama menunggu urutan naik ke daihatsu sirion, ada seorang bapak-bapak panitia yang mendatangi saya dan bilang 'Itu artis lo mbak, mbak sama dia aja' sambil nunjuk Stuart colin. Dengan sedikit bijak saya jawab 'saya mah terserah sama siapa aja'. dengan semua kerendahan hati saya mengucapkan terima kasih pada si bapak yang telah mendoakan saya dan mas-mas MC yang memanggil nama saya untuk duduk disebelah Stuart Colin.
Persiapan safety anak baru pertama ber-slalom (dok. pribadi)

After slalom, seru2 aja toh (dok.pribadi)
Dan slalom itu bisa digambarkan dengan "Menakutkan kalau belum nyoba, tapi pengen lagi kalau udah pernah". 30 detik Dalam Daihatsu sirion yang bergerak cepat berusaha menghindari palang rintangan adalah pengalaman yang menyenangkan. Melihat aspal yang dilewati, palang-palang yang dihindari, dan merasakan tiap gerakan cepat hingga akhirnya mencapai gerbang finish. Pertanyaannya?? kok udah selesai aja sih :(
Sepuluh peserta yang akan bertanding di grand final Daihatsu Sirion Slalom akan mengambil undian mobil yang akan mereka gunakan. Setiap satu mobil akan digunakan oleh 2 peserta yang bekerja sama untuk memeriksa dan memastikan kondisi mobil tepat dan aman untuk mereka gunakan pada arena.Selain itu, daihatsu menyiapkan tim ahli yang selalu siap memastikan daihatsu sirion slalom siap digunakan kembali ke arena. Dari apa yang saya lihat, tim tersebut memeriksa kondisi setir, koplik, rem, dan ban.Grand Final Daihatsu Sirion Slalom meibatkan 10 peserta dengan waktu terbaik dari babak kualifikasi sebelumnya. Ben Satrio Hutomo membuka pertandingan grand final dengan waktu 39,392 detik, namun waktu awal ini dikalahkan oleh Reindy Marnix Riupassa dengan waktu 38,594 detik dan juara pertama direbut oleh William dengan perolehan waktu 38,483 detik. Melalui tulisan ini saya mengucapkan selamat kepada para juara dan 37 pe-slalom terbaik lainnya, kalian luar biasa :). Sebagai mahasiswa awam, saya berharap bisa mengendarai mobil dan punya SIM A dan ada diantara kalian semua.
Para peserta menunjukkan euforia setelah melewati berbagai tantangan dari Daihatsu Sirion Slalom, mereka dengan senyum bahagia dan senyum kemenangan ataupun senyum kekalahan bersama-sama mengelilingi arena slalom dan memberikan salam kepada penonton. Grand Final ditutup dengan aksi 4 instruktur mengelilinggi arena tanpa palang rintangan dan aksi taxi slalom part 2 ini memiliki durasi yang lebih panjang dari taxi slalom sebelumnya. And, terlalu beruntung bagi saya karena lagi-lagi duduk disamping Nindya Swastika dan ikut melihat atraksi tersebut dari dalam Daihatsu Sirion. Waw... Taxi slalom part 2 jauh lebih keren dibandingkan yang pertama, karena para instruktur menunjukkan berbagai jenis aksi menantang dan luar biasa. Tapi lagi-lagi saya tidak berani menggunakan kamera video selama ber-slalom karena diingatkan bahwa keselamatan lebih penting dibandingkan gambar.
Euforia Finalis Daihatsu Sirion Slalom
aksi instruktur daihatsu sirion slalom (dok. pribadi)

Dika CH, Nindiya, Amandio, dan Stuart (dok. pribadi)

Keempat instruktur Daihatsu Sirion Slalom (dok. pribadi)


Para juara dan instruktur Daihatsu Sirion Slalom

aksi narsis pasca grandfinal (1) (dok. pribadi)

aksi narsis pasca grandfinal (2) (dok. pribadi)


Tentunya acara ini tidak akan berhasil tanpa bantuan dan kerjasama dari berbagai pihak.Selamat kepada PT. Astra Daihatsu Motor yang telah sukses melaksanakan Daihatsu Sirion Slalom dan BlogDetik yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk menyaksikan dan ikut ber-slalom.

12 komentar:

  1. Wah keren lombanyo kak... :D
    Semoga menang...
    Terus koleksi fotonya lumayan asyik juga...
    Jadi pengen ikutan Acaranya...
    Kapan ya ada di Padang?
    :D
    Sukses ya kak feby... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminnn....
      hayoooo, sering2 ke jakarta kalau ado event nda :D

      Hapus
  2. Sukses bi....semoga menang,,, kalau ado acara2 blogger ajak2 saya plissssssssss heheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi...
      so sory, sering2 buka info quiz, update looo

      Hapus
  3. sepertinya acaranya super duper seru deh! Jadi pengen nyobain slalom juga (padahal nyetir juga nggak bener) haha
    good luck feby! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa thaaa....
      kamu harus bisa nyetir siapa tau bisa balapan di blok C

      Hapus
  4. Annieke Stevani17 Mei 2013 16.02

    eheeemmm,,semoga menang,,dan kalau Bi menang,,,
    ...........
    ..........
    ..........

    BalasHapus
    Balasan
    1. di pinjamin laptop baru...
      hehehehhe

      Hapus
  5. suksessss bii
    moga menang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makasih..
      ini account siapa yang lupa ngasih nama???

      Hapus
    2. Moga sukses Ɣªª.. Febi....
      Masih ingat ƍäª ª sama kk,tmn kntor uni Eti....

      Hapus
  6. sukses yaa n semoga menang by. . .
    :)

    BalasHapus