Sabtu, 28 Juli 2012

Jurnal 36, Ekspedisi I SATLI Part Oleh-oleh dari Pak Ale(y)

Oleh-oleh dari salah satu polisi hutan di STPN II Karimunjawa sebelum kami meninggalkan kepulauan itu.

Salah satu pantai terbaik di karimunjawa Pantai Ujung Gelam. Foto ini diambil setelah kembali dari survey untuk persiapan pengamatan rusa di malam hari.

 

Beberapa foto hasil pengamatan rusa secara langsung di sepanjang jalan Karimunjawa-Kemujan

Jumat, 20 Juli 2012

Jurnal 35, Ekspedisi I SATLI Part Tracking Magrove


Pengenalan Track oleh Pak Wasbodo

Tracking Mangrove terletak di Pulau Kemujan kawasan Taman Nasional Karimunjawa. Tracking Mangrove dibangun pada tahun 2010 sampai jarak 700 meter dan ditambah 630 meter pada tahun 2011. Sebelum masuk ke jalur Tracking Mangrove dilaksanakan pengenalan Taman Nasional Karimunjawa dan pengenalan mangrove di kawasan Taman Nasional Karimunjawa oleh Pak Wasbodo.
Satwaliar yang biasa ada di sekitar Hutan Magrove adalah jenis aves, ular, dan kelelawar. Jenis aves yang mendominasi adalah jenis kuntul, raja udang, dan itik benjut. Pada Musim Barat akan ada banyak burung migran yang melewati kawasan hutan magrovee.

Kamis, 19 Juli 2012

Jurnal 34, Ekspedisi 1 SATLI part Kesimpulan

Saya masih bingung apa kesimpulan atau hasil dari Ekspedisi ini. Mungkin jika ini adalah account facebook yang menuliskan "Apa yang anda pikirkan?" saya akan jawab LPJ, Laporan untuk Balai, dan Presentasi hasil Ekspedisi. Banyak hal yang terjadi selama satu minggu di Kepulauan Karimunjawa, mengenal orang-orang baru, lebih mengenal teman-teman, dan cukup memahami diri sendiri.

Banyak pelajaran yang saya dapat di Karimunjawa, Mulai dari hal kecil hingga ke yang sulit. Yah, intinya apapun yang ditanam pasti itu yang akan dituai. Kalau kita tanam kelapa pasti bakal metik buah kelapa sendiri. Dan mungkin ada saatnya kita lupa akan nasehat orang tua, banyak hal disana yang mengingatkan saya pada pesan nenek "Jangan terlalu riang". Nasehat singkat yang sederhana, tapi secara nggak langsung banyak mempengaruhi hidup ini.

Jumat, 06 Juli 2012

Jurnal 33, Ekspedisi I SATLI 2012

Karyanya Talitha


Pada awalnya saya bergabung dalam kegiatan ini hanya karena lokasi tujuannya, Kepulauan Karimun Jawa. Dan, seiring berjalannya waktu, Saya menyadari banyak hal yang saya dapatkan dari kepanitiaan ini. Banyak rasa bersalah ketika menerima draft proposal yang 99% sempurna, dan sebagai sekretaris saya sangat gagal dalam hal ini. Untuk memperbaiki dosa itu, saya mengerjakan semua urusan surat-menyurat dan jadi kenal baik dengan Bu yetti dan melakukan banyak hal cerdas dalam perjalanan proposal dari laptop hingga ke rektorat. Bolak-balik selama dua minggu menunggu proposal tanpa tanda tangan dan baru mendapatkan tanda tangan setelah menunggu di depan ruang kelas dosen yang bersangkutan.