Kamis, 31 Mei 2012

Jurnal 21, Hari Papa

Hari ini adalah World No Tobacco Day. Ada dua hal penting yang harus saya ingat di penghujung bulan Mei (pada dasarnya suatu hal yang sama) ----> Ulang tahun papa dan ulang tahun uni.

Satu tahun yang lalu, saya menuliskan 'Bagaimana makna pertambahan usia dalam pikiran papa?' Apakah sama seperti saya yang selalu menantikannya atau malah berpendapat bahwa ulang tahun adalah pengurangan usia dan pengurangan jatah hidup di dunia.

Hari ini adalah ulang tahun papa yang ke-47, Waktu memang berjalan sangat cepat tanpa kita sadari. Tanpa saya sadari papa semakin menua, walau begitu papa tetap tersenyum saat saya pulang dan tak pernah kehilangan nada suara yang menenangkan saat menelpon. Papa masih seperti yang dulu tenang dan menentramkan, tidak pernah marah tapi mampu menunjukkan titik kesalahan saya tanpa ada emosi. Papa yang membiarkan saya menangis dan ngotot dengan pendapat saya yang (sering) salah dan menunggu saat saya diam dan menunjukkan kesalahan yang harus saya perbaiki. Papa yang dengan bangga datang ke sekolah untuk mengambilkan raport, dan papa dengan golongan darah AB terbaik yang ada di muka bumi ini.

Jurnal 20, Enid Blyton

Setelah postingan di Jurnal 19, saya pengen ada sedikit hal tentang oma Blyton di blog ini. Jadi saya copy dari situs http://bukabuku.com dan saya paste disini.


Enid Blyton (1897-1968) dijuluki sebagai Ratu Tukang Cerita. Pengarang cerita anak paling produktif ini telah menulis sekitar 700 buku selama hidupnya. Beberapa hasil karyanya telah diterjemahkan ke dalam 129 bahasa. Namanya dicantumkan dalam daftar UNESCO 1975 sebagai pengarang wanita kedua di dunia yang bukunya paling banyak diterjemahkan.

Rabu, 30 Mei 2012

Jurnal 19, Saya dan Lembaran Kertas


Sejak kapan saya suka baca??
Sebenarnya membaca adalah pengalihan perhatian. Membaca sejenis therapi yang bisa menenangkan. Membaca ya membuat saya bisa berasumsi apapun terkait sebuah cerita.

Saya suka membaca cerita karena uni selalu memberi hadiah buku saat ulang tahun dan banyak buku yang selalu dipinjamkan pada saya ketika dia pulang saat liburan semester. Dan diperkenalkan pada tante dirnima saat lulus SD, dipinjamkan banyak buku tentang pertualangan anak-anak. Sangat mengidolakan Enyd Blyton. Saya pikir Enyd Blyton adalah tipe petualang dan mengajarkan anak-anak untuk berani meghadapi masalah. Saya sangat Iri pada Jack, Dick, Anne, George, dan Tim. Di usia yang sangat muda mereka telah melalui banyak pertualangan dan banyak pelajaran hidup yang menjadikan manusia yang lebih baik.

Jumat, 25 Mei 2012

Jurnal 18, Phimp The Face

Berawal dari ide untuk kado ulang tahun papa saya. Hari ini saya menemukan situs menarik yang menjadikan saya bisa melakukan sesuatu yang saya impikan, Membuat sketsa dengan situs online http://www.pimptheface.com
Hasilnya memeng tidak seindah sketsa buatan tangan, tapi setidaknya dengan sedikit kreatifitas dan imajinasi saya mampu membuat sketsa dengan situs ini. Kreatifitas dalam menata setiap bagian wajah dan imajinasi untuk mengingat garis wajah seseorang dan memilih bentuk yang sesuai.
90 % Mirip Papa

Rabu, 23 Mei 2012

Jurnal 17, Laparotomi


Laparotomi merupakan tindakan bedah untuk membuka ruang abdomen. Penyayatan bisa dilakukan secara medianus tepat di linea alba atau paramedianus dengan sayatan sejajar linea alba. Laparotomi biasa dilakukan untuk mengeluarkan cairan dari rongga abdomen pada aschites, penyumbatan atau adanya corpus alinea dalam usus, ataupun tindakan bedah terkait reproduksi.
Mahasiswa yang sedang menempuh studi kedokteran khususnya di kedokteran hewan pasti sangat menantikan kesempatan pertama untuk membedah. Mungkin arti dari seorang dokter bukan hanya ada diruang operasi dengan peralatan lengkap dan steril, stetoskop yang digantungkan di leher, ataupun scapel yang digunakan untuk operasi. Namun tak bisa disangkal bahwa semua calon dokter menantikan kesempatan untuk sayatan pertama dan terlihat seperti dokter sungguhan, dalam hal ini saya termasuk satu diantaranya.

Selasa, 22 Mei 2012

Jurnal 16, Problem solving kah??

Beberapa waktu terakhir kontrol emosi saya sangat buruk. Saya ingin menceritakan beberapa hal yang ada di balik sebuah acara. Banyak hal yang saya dapatkan dari kepanitiaan acara itu, hingga akhirnya saya memberikan sebuah mantra untuk adik kelas angkatan 47.
Kerjain apa yang kamu bisa dan jangan terlalu berharap sama orang lain, sekalipun dia temanmu.
Melalui acara itu saya jadi tau siapa-siapa saja orang yang benar-benar bisa diandalkan, yang gabut tapi tenang, dan yang gabut tapi berisik. Saya memang bukan manusia yang sempurna, tapi saya rasa banyak sikap di banyak keadaan yang harus ditempatkan pada posisi yang sesuai.

Senin, 14 Mei 2012

Selasa, 08 Mei 2012

Jurnal 14, About 'Starting or Finishing'

Tidak ada yang bisa aku perjuangkan dari kisah semacam ini. Sebuah kisah yang tidak pernah bisa diakhiri karena aku tak pernah memulainya. Aku hanya menciptakan kisah ini dari beribu tanya diotak dan merangkainya dalam imajinasiku. Aku yang selalu menginginkanmu dalam setiap langkahku, tapi tak pernah sanggup meminta kau untuk memenuhi hal ini. Aku yang terlalu sering memikirkan setiap sikap dan ucapan yang kau tujukan padaku. Aku hanyalah sebuah titik yang tak ada artinya dalam pandanganmu. Aku hanya menjadi bayangan yang selalu mengikuti perjalananmu, tanpa bisa meraihmu. Apakah ketika mampu meraih tanganmu dan menggenggamnya dengan erat bisa mengakhiri semua??