Selasa, 30 Oktober 2012

Jurnal 41, Pet care day 2012


Dengan tema dan konsep baru, Himpunan Minat dan Profesi Hewan Kesayangan dan Satwa Akuatik Eksotik akan kembali menyelenggarakan acara Pet Care Day 2012 bertempat di *Pasca Sarjana - Institut Pertanian Bogor.

Pet Care day merupakan salah satu kegiatan besar yang dilaksanakan oleh Himpunan Minat Profesi Hewan Kesayangan dan Satwa Aquatik Eksotik Fakultas Kedokteran Hewan IPB. Acara ini pertama kali dilaksanakan dua tahun bertempat di Gedung Graha Widya Wisuda (GWW) IPB dan mengalami perkembangan yang sangat pesat pada tahun selanjutnya.

Tahun ini Pet Care Day akan dilaksanakan pada tanggal 18 November 2012 di Lapangan Kampus Pasca Sarjana IPB dengan mengusung tema "Improving Animal Health by Educating Community to Animal Walfare"

Pet Care day 2012 akan hadir dengan rangkaian acara sebagai berikut:
(Copy from http://petcareday.blogspot.com/)
Talkshow 
Talkshow dilakukan dengan tujuan untuk lebih mendidik masyarakat khususnya para pecinta hewan maupun pemilik hewan agar lebih memperlakukan hewan dengan baik.Tema yang diangkat untuk talkshow ini adalah “Penerapan Kesejahteraan Hewan untuk Meningkatkan Kesehatan hewan”.

Cat Show
Kegiatan ini dilakukan untuk mendapatkan kucing (berdasarkan kategorinya) yang sehat, lengkap vaksinasi, memiliki kualitas dan warna rambut yang bagus serta mempunyai temperamen yang baik.  Akan dipilih kucing terbaik dari tiga kategori (Pedigree,Non Pedigree,Domestic Cat). Jumlah peserta ditentukan maksimum 45 peserta untuk semua kategori dengan umur di atas 6 bulan. (Syarat dan ketentuan serta pendaftaran bisa dilihat disini

Dogshow
Kegiatan ini bertujuan untuk memilih anjing terbaik dengan kategori pedigree dan mix (domestik dan non pedigree). Persyaratan keikutsertaan adalah mempunyai sertifikat (untuk pedigree), sehat dan lengkap vaksinasi. Semua anjing yang mengikuti dog show akan menggunakan pakaian/assesoris yang indah/lucu, namun diharapkan pakaian yang dikenakan tidak mengganggu kenyamanan hewan tersebut. Jumlah peserta ditentukan maksimum 20 peserta dengan umur bebas. Penilaian lomba ini berdasarkan kesehatan, lengkap vaksinasi, memiliki kualitas dan warna bulu yang bagus serta mempunyai temperamen yang baik. Akan dipilih anjing dengan figure terbaik dan dengan fashion terbaik untuk juara 1, 2, dan 3.. (Syarat dan ketentuan serta pendaftaran bisa dilihat disini)

Lomba Fotografi
Lomba fotografi hewan ini mengangkat dua tema, yaitu Animal Welfaremengenai hewan yang bukan hewan piara dalam berbagai aspek kehidupan dan I Care About My Pet dengan foto yang dilombakan mengenai kepedulian dan kasih sayang pemilik terhadap hewan peliharaannya. Ukuran foto 8R (landscape/portrait).  Foto bisa berwarna atau hitam putih dan foto harus asli (tidak diedit). Pemenang utama ditentukan oleh juri, sedangkan pemenang favorit berdasarkan pilihan pengunjung. (Syarat dan ketentuan serta pendaftaran bisa dilihat disini)

Petting Zoo
Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat dapat berinteraksi secara langsung dengan berbagai binatang seperti anak kambing, anak domba, kelinci, marmut, anak ayam, anak bebek, anak anjing serta anak kucing. Semua binatang diletakkan di dalam kandang terbuka sehingga masyarakat dapat memegang dan bermain dengan mereka. Terdapat juga mesin penetas telur beserta teropongnya serta berbagai jenis telur (berbagai jenis bebek, ayam broiler, ayam kate, ayam mutiara dll). Kegiatan ini dapat dilakukan dengan memungut biaya sebesar Rp 5.000,00.


Ask The Vet Stand
Dalam stand ini, berisi kegiatan konsultasi gratis mengenai penyakit-penyakit hewan piara (tanpa perawatan). Kegiatan ini dilakukan oleh dokter hewan lulusan FKH IPB. Peserta dapat bertanya seputar hewan peliharaannnya maupun membawa hewan peliharaan tersebut untuk diperiksa oleh dokter hewan yang bertugas. Stand ini juga menyediakan buku pasien untuk menuliskan kondisi kesehatan hewan yang dikonsultasikan.

Adopt a Pet Stand
Berisi informasi mengenai binatang yang berasal dari rumah penampungan dan dari program PKMM “Kampung Kucing Liar Sejahtera Melalui Prinsip Animal Welfare dengan Alternatif Pakan dari Sisa Makanan” pemenang Juara Favorite dalam PIMNAS 2012 dan PPS (Pondok Pengayoman Satwa). Di stand ini juga ditampilkan foto-foto hewan sebelum di tampung dan dirawat dengan foto-foto yang telah dirawat dan informasi mengenai pemberian pakan dari makanan sisa yang aman dan sehat untuk hewan.

Pet Grooming Showcase
Kegiatan ini berisi demonstrasi perawatan anjing kucing berupa kegiatan mandi, menyisir bulu, memotong kuku, membersihkan telinga dan  cara melakukan grooming  dengan benar sehingga binatang merasa nyaman. Kegiatan ini dilakukan di atas panggung. Bagi peserta yang bertanya dalam acara talkshow, disediakan grooming gratis (maksimum 5 penanya terbaik) dalam grooming corner.

Grooming Corner
Merupakan stand bagi para penanya terbaik yang mendapatkan grooming gratis untuk hewan yang dibawanya maupun peserta lain yang ingin meng-grooming hewan piaranya. Dalam Grooming Corner ini terdapat kegiatan memandikan, menyisir bulu, memotong kuku, membersihkan kuping dengan benar. Peserta yang diluar penanya terbaik yang ingin meng-grooming hewan yang dibawanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000*. Beberapa panitia yang sudah pernah megikuti pelatihan grooming dan pemilik hewan terlibat dalam grooming ini dengan bantuan tim grooming profesional. 

*bisa berubah

Stand Informasi Pendidikan
Berisi informasi umum atau popular mengenai dunia hewan peliharaan, termasuk informasi jenis, asal, tingkah laku makanan, perawatan kesehatan dan dunia kedokteran hewan. Informasi diberikan dalam bentuk poster, slideshow dan film. Di stand ini akan diadakan juga lomba menggambar untuk anak-anak sekolah dasar dengan tema "Animal Welfare". Anak-anak tersebut setelah mengikuti perlombaan juga diajak berkeliling ke stand-stand yang ada di acara PCD 2012. Hadiah akan diberikan kepada juara 1, 2 dan 3. Pengumuman pemenang serta penyerahan hadiah lomba gambar dan mewarnai akan dilakukan oleh penanggung jawab stand dan ketua stand edukasi.

Breeders Village
Berupa sekelompok stand yang terdiri dari sekumpulan breeders (anjing-kucing), peternak (kelinci, marmut, hamster) dan ikan hias yang akan memperlihatkan berbagai jenis breed serta informasinya. Pengunjung dapat membeli hewan peliharaan dari village ini.

Pameran Reptil/Hewan Eksotis
Kegiatan dalam pameran ini menunjukkan berbagai macam jenis reptile atau hewan eksotis, baik yang telah dijadikan hewan piara maupun hewan yang masih liar (ular, tupai, kadal, biawak, dll). Informasi mengenai masing-masing hewan yang ada di dalam stand akan disampaikan secara langsung maupun dalam bentuk poster. Selain itu, peserta juga diajari untuk handling sehingga peserta tahu bahwa semua  reptil tidak berbahaya asalkan tidak mengganggunya. Pengisi dalam stand ini adalah SIOUX

Business Stands
Stand ini merupakan wilayah komersil dimana pengunjung dapat membeli segala macam keperluan hewan peliharaannya (animal food, Cagging and Bedding, Grooming Products, Waste and Clening Products) maupun mendapatkan informasi mengenai klinik dan boarding services yang ada di Bogor serta buku-buku popular mengenai hewan peliharaan. Stand ini bekerjasama dengan berbagai vendor dengan system kerjasama maupun penyewaan. Di wilayah bisnis ini juga disediakan stand makanan dan minuman untuk pengunjung. 

Stand Foto
Stand ini dikhususkan untuk peserta yang ingin berfoto dengan tema PET CARE DAY mengenakan atribut-atribut unik khas seperti maskot PET CARE DAY 2012. Peserta juga dapat berfoto beserta hewan yang dibawanya.

Hamster Race
Kegiatan ini berupa perlombaan hamster dari jenis robo, campbell, dan winter white. Hamster harus berlari melintasi sirkuit dengan beberapa rintangan. Hamster yang paling cepat menuju garis finish, ditetapkan sebagai pemenang. Juara dalam lomba ini berdasarkan jenis hamster dan hanya ada satu juara untuk masing-masing jenis hamster. Peserta harus memiliki kesehatan yang baik. Jumlah maksimum peserta ialah 30 ekor hamster tanpa batasan umur.  (Syarat dan ketentuan serta pendaftaran bisa dilihat disini
Siapkan dirimu untuk bergabung bersama kami pada tanggal 18 November 2012 di Lapangan Kapus Pasca Sarjana IPB. 
Share Your Love, Every Day 
Pet care Day

5 komentar:

  1. kampus pasca sarjan itu yang di dekat rs PMI atau yang di dramaga?
    kegiatannya dari pukul brp hingga brp?
    kalo rumah kucing liar itu dmn ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelumnya saya mohon maaf mbak krn memposting oster yang salah
      Pet care day akan dilaksanakan di Kampus pascasarjana IPB Baranag siang dekat RS PMI tanggal 18 ovember 2012

      ditunggu kehadirannya mbak.

      Rumah Kucing liar salah satunya adalah MEI, info terbaru yang saya dapat mereka baru pindah lokasi dari taman kencana ke dramaga. selain itu ada PPS di dekat RSHJ Jakarta di daerah ragunan jaksel. info lbh lngkap bisa diperoleh di stand adopt a pet PCD.
      terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  2. I am in fact grateful to the owner of this site who has shared this wonderful article at at this time.



    Also visit my page ... Louis Vuitton Online

    BalasHapus
  3. Having read this I believed it was rather informative.
    I appreciate you taking the time and energy to put this
    informative article together. I once again find myself personally spending way
    too much time both reading and posting comments. But so what, it was still worth it!


    Feel free to surf to my blog post - New Balance Running

    BalasHapus
  4. Hi there! This is my first visit to your blog!

    We are a group of volunteers and starting a
    new initiative in a community in the same niche. Your blog provided us useful information to work on. You
    have done a marvellous job!

    my homepage: Running Shoes

    BalasHapus