Kamis, 19 Juli 2012

Jurnal 34, Ekspedisi 1 SATLI part Kesimpulan

Saya masih bingung apa kesimpulan atau hasil dari Ekspedisi ini. Mungkin jika ini adalah account facebook yang menuliskan "Apa yang anda pikirkan?" saya akan jawab LPJ, Laporan untuk Balai, dan Presentasi hasil Ekspedisi. Banyak hal yang terjadi selama satu minggu di Kepulauan Karimunjawa, mengenal orang-orang baru, lebih mengenal teman-teman, dan cukup memahami diri sendiri.

Banyak pelajaran yang saya dapat di Karimunjawa, Mulai dari hal kecil hingga ke yang sulit. Yah, intinya apapun yang ditanam pasti itu yang akan dituai. Kalau kita tanam kelapa pasti bakal metik buah kelapa sendiri. Dan mungkin ada saatnya kita lupa akan nasehat orang tua, banyak hal disana yang mengingatkan saya pada pesan nenek "Jangan terlalu riang". Nasehat singkat yang sederhana, tapi secara nggak langsung banyak mempengaruhi hidup ini.

Saya tidak menyesali semua ini, tapi hanya sedih saat ada anggapan semua yang kami lakukan hanya main-main. Mungkin bagi sebagian orang terlihat seperti main-main, tapi tidak bagi saya dan orang-orang yang serius dalam mewujudkan tujuan dari ekspedisi ini. Kalaupun, saya main di pantai atau hanya mengumpulkan banyak foto untuk display profile account sosial saya. Saya sangat tahu bahwa saya termasuk orang yang serius dalam ekspedisi ini. Mengerjakan proposal dari awal, berminggu-minggu mengumpulkan tanda tangan yang mengesahkan proposal itu, dan berbulan-bulan mencari dana di sela-sela waktu kuliah dan ujian, dan juga bersama-sama tim secara bergantian menyiapkan presentasi untuk bekal di Karimunjawa. Kalimat diatas terlihat seolah saya tidak ikhlas mengerjakan semua ini dan berharap ucapan terima kasih ataupun sebuah penghargaan. Tapi pertanyaannya, egoiskah ketika seorang manusia berharap dihargai atas segala upayanya??

Tidak sepenuhnya saya menyesal atas ekspedisi ini. Saya beruntung dipertemukan dengan orang-orang hebat di Balai Taman Nasiolan Karimunjawa. Orang-orang hebat, yang ditengah lelah dalam pekerjaan mereka masih menyempatkan diri dan meluangkan waktu untuk menemani kami dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang berbagai aspek di karimunjawa.

0 komentar:

Posting Komentar